Pengaruh Kontrol Diri terhadap Kecanduan Game Online pada Remaja di Kelurahan Rambung Dalam Kota Binjai
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kecanduan game online pada remaja di Kelurahan Rambung Dalam Kota Binjai. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik Analisis Regresi Sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang remaja. Teknik sampling yaitu dengan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbasis Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kontrol diri terhadap kecenderungan kecanduan game online pada remaja di kelurahan Rambung Dalam sebesar 71,1%, berarti semakin rendah kontrol diri yang dimiliki individu maka semakin tinggi tingkat kecanduan game online.
Kata Kunci : Kecanduan Game Online; Kontrol Diri
References
Dinata, O., & Risdayanti, R. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Clash of Clans Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Game Online Clash of Clans pada Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Pekanbaru: Universitas Riau. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 4 (2), 1-15.
Efendi, N. A. . (2014). Faktor Penyebab Bermain Game Online Dan Dampak Negatifnya Bagi Pelajar (Studi Kasus pada Warung Internet di Dusun Mendungan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo). Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Masyita, R, A. (2016). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Kecanduan Game Online Pada Pemain Dota 2 Malang. Skripsi 2016
Mufidah, E. F., & Wulansari, P. S. D. (2018). Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Pascasarjana di Media Sosial. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(2), 33–36. https://doi.org/10.21067/jki.v3i2.2468
Mustikasari, B., Deka S., & Ika A., P. (2020). Analisis Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia SD di Desa Prawoto. Jurnal Didika, 6(2) https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2846
Nurul Fitri, S. F. . (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148
Ramdani, N. 2018. Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SDN Bawakaraeng 1 Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.
Sarwono, J. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Edisi 2. Yogyakarta : Suluh Media.
Surbakti, Krista. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 01(01), 28-38. Diambil dari http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/