Pengaruh Game Online terhadap Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

  • Nurmawita Loi Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Indah Sari Liza Lubis Universitas Tjut Nyak Dhien

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game online  terhadap perilaku phubbing pada mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 96 mahasiswa di Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik Uji Validitas Data dan Uji Reliabilitas untuk kuesioner dan Analisis Regresi Linear Sederhana dengan Uji-F dan Uji-t untuk pembuktian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game online berpengaruh positif  terhadap perilaku  phubbing pada mahasiswa di Universitas tjut Nyak Dhien Medan.

      Kata Kunci : Game online , Perilaku Phubbing

References

Abivian, M. (2022). Gambaran Perilaku Phubbing dan Pengaruhnya terhadap Remaja pada Era Society 5.0. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 155-164.
Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).
Chasombat, P. (2014). Social networking sites impacts on interpersonal communication skills and relationships.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Fadila, E., Robbiyanto, S. N., & Handayani, Y. T. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 1(2), 17-31.
Goldberg, I. (1996). Internet addiction disorder. CyberPsychol. Behavior, 3(4), 403-412.
Hafizah, N., Adriansyah, M. A., & Permatasari, R. F. (2021). Kontrol Diri dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Perilaku Phubbing. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 630-645.
Harapan, E., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Harahap, T. (2022). Analisis Tindak Pidana Terhadap Penyalahgunaan Aplikasi (Michat) Dalam Prostitusi Online Menurut Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang ITE Dan Hukum Pidana Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Karadağ, E., Tosuntaş, Ş. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Şahin, B. M., ... & Babadağ, B. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of behavioral addictions, 4(2), 60-74.
Madjid, S. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Phubbing Remaja di Kelurahan Bukit Indah Kecamatan Soreang Kota Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Nasrullah, R. (2022). Teori dan riset media siber (cybermedia). Prenada Media.
Novitasari, L., Wardiyah, A., Kusumaningsih, D., Setiawati, S., Gustiani, D., & Sartika, D. (2022). Penyuluhan kesehatan tentang bahaya game online. JOURNAL OF Public Health Concerns, 2(2), 70-76.
Pratiwi, P. A. (2021). Gambaran perilaku phubbing pada Generasi Z. Socio Humanus, 3(3), 272-281.
Przybylski, A. K., & Weinstein, N. (2019). Digital screen time limits and young children's psychological well‐being: Evidence from a population‐based study. Child development, 90(1), e56-e65.
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2018). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6-12.
Roberts, J., Yaya, L., & Manolis, C. (2014). The invisible addiction: Cell-phone activities and addiction among male and female college students. Journal of behavioral addictions, 3(4), 254-265.
Saloom, G., & Veriantari, G. (2022). Faktor-Faktor Psikologis Perilaku Phubbing. Jurnal Studia Insania, 9(2), 152-167.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Taufik, E., Dewi, S. Y., & Muktamiroh, H. (2020). Hubungan kecanduan smartphone dengan kecenderungan perilaku phubbing pada remaja di SMAN 34 Jakarta Selatan. In Seminar Nasional Riset Kedokteran (Vol. 1, No. 1).
Utami, A. H. (2021). Media Baru dan Anak Muda: Perubahan Bentuk Media Dalam Interaksi Keluarga. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 11(1), 8-18.
Wang, X., Xie, X., Wang, Y., Wang, P., & Lei, L. (2017). Partner phubbing and depression among married Chinese adults: The roles of relationship satisfaction and relationship length.Personality and Individual Differences, 110, 12– 17.
Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku phubbing sebagai karakter remaja generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143-152.
Published
2024-03-30
How to Cite
Loi, N., & Lubis, I. (2024). Pengaruh Game Online terhadap Perilaku Phubbing pada Mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. PSYCODYNAMIC : Jurnal Kajian Psikologi, 1(1). Retrieved from https://journal.utnd.ac.id/index.php/JPUTND/article/view/1127