Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Semangat Belajar Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Binjai

  • Anita Sari Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Reny Khaerany Nisfiary Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Indah Sari Liza Lubis Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Anak Tunagrahita, Pola Asuh Orang Tua, Semangat Belajar

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara orang tua dengan anaknya selama pengasuhan yang mempunyai peran penting dalam pembentukan kepada anak, yang mana pola asuh orang tua dalam keluarga adalah sebuah frase yang menghimpun empat unsur penting, yaitu pola, asuh, orang tua, dan keluarga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pola asuh orang tua yang memiliki anak tunagrahita terhadap semangat belajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Binjai. Melihat masalah yang akan diungkap. Penelitian ini memakai metode penelitian pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini di lakukan pada Desember tahun 2022, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik wawancara mendalam dan observasi. Secara ringkas hasil penelitian ini adalah pola pengasuhan dalam kelurga yang mempunyai anak penyandang tunagrahita belum sepenuhnya sesuai dengan yang di harapkan karena masih banyak orang tua yang dalam penelitian ini masih kurangnya kepedulian terhadap anak mereka. Contohnya seperti tidak adanya belajar di luar dari sekolah kemudian tidak adanya anak di ajak untuk belajar dirumah untuk mengulang kembali pelajaran yang sudah di pejari di sekolah. Dari hal tersebut di karenkan kesibukan para orang tua sehingga berdampak pada semangat belajar anak. Namun untuk tingkat kemandirian di sekolah sudah baik, karena tujuan dari sekolah itu melatih anak untuk hidup mandiri dan dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

 

References

Djamarah, Syaiful B. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarso, Yulia Singgih D. 2000. Azaz Psikologi Keluarga Idaman. Jakarta: BPR Gunung Mulia.
Noor, Rohinah. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif Di Sekolah Dan Rumah. Yogyakarta. Pedagogia.
Purwandari. 2001. Kebutuhan Sosio Psikologis Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Asmaliyah. 2009. Hubungan Antara Persepsi Remaja Awal Terhadap Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Motivasi Berprestasi. Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 249-255.
Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Amin, S., & Harianti, R. (2018). Buku Pola Asuh Orang Tua dalam Motivasi Belajar Anak.
Hallahan, D.P & Kauffman, J.M. (2006). Exceptional Learners, An Intrduction To Special Education (10 th ed.) Allyn and Bacn, Massachusetts.
Mangunsong, Frieda (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. jilid Ke satu. Jakarta: LPSP 3 Fakultas Psikologi UI.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sukmana, Oman. 2020. “Program Peningkatan Ketrampilan Bagi Penyandang Disabilitas Netra”. Dalam Jurnal Sosio Konsepia. Vol. 9, No. 02/2020.
Creswell, J. w. 2016. RESEARCH DESIGN “Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Edisi 4”. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Published
2024-03-30
How to Cite
Sari, A., Nisfiary, R., & Lubis, I. (2024). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Semangat Belajar Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Binjai. PSYCODYNAMIC : Jurnal Kajian Psikologi, 1(1). Retrieved from https://journal.utnd.ac.id/index.php/JPUTND/article/view/1124