Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan UMKM Dodol Pasar Bengkel

  • nurul fatimah universitas muslim nusantara alwashliyah
  • muttawaqil billah tumanggor
Keywords: Kreativitas, Inovasi, Keberhasilan UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi (X1), dan Kreativitas (X2) terhadap Keberhasilan UMKM (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 50 Usaha Mikro kecil menengah yang berada di UMKM Dodol Pasar Bengkel, dengan mengunakan metode sampel jenuh untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk membantu membuktikan hipotesis penelitian. Data yang lolos uji validasi dan reliabilitas serta diolah menjadi persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,211 + 0,621X1 + 0,350X2 Hasil analisis menunjukkan bahwa dua variabel, inovasi dan kreativitas, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan UMKM. Dalam pengujian hipotesis menggunakan uji-t, variabelnya adalah Inovasi dan Kreativitas berpengaruh singnifikan terhadap keberhasilan umkm. Kemudian, dengan menggunakan uji F yang diteliti, terlihat bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dividen. Koefisien determinasi sebesar 0,674 menunjukkan bahwa 67,4% keberhasilan UMKM dapat dijelaskan oleh dua variabel bebas. Digunakan dalam persamaan regresi. Sisanya sebesar 32,6% dijelaskan oleh variabel selain kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Published
2022-07-16
How to Cite
fatimah, nurul, & tumanggor, muttawaqil. (2022). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan UMKM Dodol Pasar Bengkel. VALUE, 3(1), 60-71. https://doi.org/10.36490/value.v3i1.321