PENGARUH MODAL DAN POTENSI PASAR TERHADAP KINERJA UMKM PETERNAK IKAN MAS DI DESA UJUNG SERDANG KABUPATEN DELI SERDANG

  • rosliati Br Sembiring Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nur'ain Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: modal, potensi pasar, kinerja UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal dan potensi pasar terhadap kinerja UMKM Peternak Ikan Mas di Desa Ujung Serdang Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian ini menggunakan data deskriptif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini 34 responden peternak Ikan mas di Desa Ujung Serdang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh modal dan potensi pasar terhadap kinerja UMKM peternak ikan mas di Desa Ujung Serdang Kabupaten Deli Serdang. Hasil Uji Regresi linear berganda memiliki nilai konstan (a) 4,813, koefisien  bsebesar 0,168 X1, nilai b2 sebesar 0,650 X2 sehingga diperoleh persamaan regresi yaitu:. Y = 4,813 + 0,168X1 + 0,650X2  + e. Artinya modal dan potensi pasar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMKM dengan kata lain jika nilai koefisen bernilai maka artinya terjadi hubungan positif antara variabel modal dan potensi pasar terhadap kinerja UMKM peternak ikan mas. Hasil Uji Simultan (F) menjelaskan bahwa perhitungan Uji F dari variabel modal (X1)dan potensi pasar (X2) memiliki nilai . Fhitung 25.319> Ftabel 2,88 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari Uji Determinan Nilai R Square sebesar 0,620 atau sebesar 62% dimana model analisis yang digunakan mampu menjelaskan sebesar 62% variabel kinerja UMKM (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel modal (X1), dan potensi pasar (X2), sedangkan sisanya 38% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Aribawa, D. (2016) Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah’, Siasat Bisnis, 20(1), pp. 1– 13.
Abbas, Djamila. 2018. Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol.5, No. 1, 2018: 95-111
Boso, N., Cadogan, J. W., & Story, V. M. (2013). Entrepreneurial orientation and market orientation as drivers of product innovation success: A study of exporters from a developing economy. International Small Business Journal, 31(1), 57–81.
Bylon Abeeku Bamfo & Jerry Jay Kraa(2019). Market orientation and performance of small and medium enterprises in Ghana: The mediating role of innovation. The mediating role of innovation, Cogent Business & Management, 6:1, 1605703,
Chepngetich, P. (2016). Effect of Financial Literacy and Performance SMEs . Evidence from Kenya. American Based Research Journal, 5(11), 26–35.
Effendi, S., Hadiwidjojo, D., & Noermijati, S. (2013). The effect of entrepreneurship orientation on the small business performance with government role as the moderator variable and managerial competence as the mediating variable on the small business of apparel industry in Cipulirmarket, South Jakarta. Journal of Business and Management, 8(1), 49–55.
Endang Purwanti (2012), Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilindo Salatifa, STIE AMA Salatiga,
Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ina syarifah, dkk (2020) Pengaruh Modal Manusia Terhadap Orientasi Pasar Dan Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 23 No. 1 April 2020, 69 - 96
Jamkrindo. (2015). Kriteria usaha mikro, kecil dan menengah menurut UU No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM.
Kasmir (2016). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Lubis, P. K.D. (2014). Pengaruh Mental Dan Modal Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Skripsi. Medan: UNIMED
Lukas, B.A., and Ferrell, O.C. (2000). “The Effect of Market Orientation on Product Innovation,” Journal of Academy of Marketing Science, 239-247.
Lusimbo, N. E., & Muturi, W. (2016). Financial Literacy and TheGrowth of Small Enterprises in Kenya: A Case of Kakamega Central Sub-Country, Kenya. International Journal of Economics, Commerce and Management, 828-845.Otoritas Jasa Keuangan. 2014. Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta
Manzano, J.A., Kuster, I., and Vila, N. (2005). “Market Orientation and Innovation: An Inter-Relationship Analysis,” European Journal of Innovation Management, Volume 8, Number 4, 437-452.
Mardiyatmo (2018). Kewirausahaan. Surakarta: Yudistira
Munawir, (2014). Analisa Laporan Keuangan.Yogyakarta: Liberty
Pristi Wulandari, Salfira. (2015). “Pengaruh Modal, potensi pasar dan inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung”. Skripsi Fakultas Ekonomi, UNP Kediri.
Syarah Syafira Al-Kubra (2019) Kinerja Usaha Sebagai Dampak Dari Orientasi Pasar Melalui Keunggulan Bersaing (Survei Pada Sentra Pengolahan Limbah Garment Babakan Tasikmalaya). Skripsi
Sugiyono (2017). Metode Penelitan Pendekatan Kualtatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Yeni Absah (2017). Improving Performance of SMEs through Social Media Marketing Training. Advances in Economics, Business and Management Research (AEBMR), volume 46 1st Economics and Business International Conference 2017 (EBIC 2017)
Zulfikar, Rizki, dkk. (2018). “Marketing Performance Influenced by Market Orientation ThroughValue creation”. Sitasi Dosen.
Published
2022-05-30
How to Cite
Sembiring, rosliati, & Harahap, N. (2022). PENGARUH MODAL DAN POTENSI PASAR TERHADAP KINERJA UMKM PETERNAK IKAN MAS DI DESA UJUNG SERDANG KABUPATEN DELI SERDANG. VALUE, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.36490/value.v3i1.264