Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko Investasi, Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Dengan Dimoderasi Teknologi Media Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengetahuan investasi, persepsi risiko investasi, return investasi, terhadap minat investasi generasi milenial dengan dimoderasi teknologi media sosial. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui G-Form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wirausahawan DKI Jakarta usia Produktif, yaitu 15-45 tahun, penduduk Jakarta yang pernah melakukan investasi dan penduduk Jakarta yang berminat untuk melakukan investasi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan 204 responden yang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan model Regresi Linear Berganda. Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Investasi berpengaruh positif terhadap Minat Investasi, Persepsi Risiko Investasi berpengaruh positif terhadap Minat Investasi, Return Investasi berpengaruh positif terhadap Minat Investasi, Teknologi media sosial dapat memperkuat pengaruh variabel pengetahuan investasi terhadap minat investasi generasi milenial, Teknologi media sosial dapat memperkuat pengaruh variabel persepsi risiko investasi terhadap minat investasi generasi milenial, dan Teknologi media sosial dapat memperkuat pengaruh variabel return investasi terhadap minat investasi generasi milenial.
References
Aldi, D., & Asyik, N. F. (2023). Dampak Pengetahuan Investasi Pada Pengaruh Modal Awal, Risiko, Dan Social Media Influencer Terhadap Minat Investasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(6).
Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(4), 734–746. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7851
Anan, M. W., & Devi, S. (2023). Pengaruh Modal Minimal, Tingkat Risiko, Return, Tingkat Pengetahuan Investasi, Lingkungan Sosial dan Fasilitas Online Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(1), 48–60. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Aprayuda, R., & Misra, F. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Investasi Investor Muda di Pasar Modal Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1084. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p02
Arif, M. (2021). Generasi Millenial Dalam Internalisasi Karakter Nusantara. http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/682%0Ahttp://repository.iainkediri.ac.id/682/1/GENERASI MILENIAL_moh arif.pdf
Apriliani, A. F., & Murtanto, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Persepsi Risiko Dan Teknologi Media Sosial Terhadap Minat Investasi. Jurnal Investasi, 9(3), 133–142. https://doi.org/10.31943/investasi.v9i3.281
Dewi, R. L. K., Kartini, E., & Rusdi. (2023). Pengaruh Financial Technology, Pengetahuan Investasi, Motivasi, Modal Minimal Dan Risiko Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 28–40.
Diyah Puspita Rini. (2016). Pengaruh Karakter Generasi Z Dan Peran Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Fatiah, R. S. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Motivasi, Ekspektasi Return, Dan Persepsi Risiko Investasi Terhadap Minat Generasi Millenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. In Skripsi.
Firdhausa, F., & Apriani, R. (2021). Pengaruh Platform Media Sosial Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. Supremasi Hukum, 17(02), 96–103. https://doi.org/10.33592/jsh.v17i02.1227
Firdaus, R. A., & Ifrochah, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara Stan Di Pasar Modal. Jurnal Acitya Ardana, 2(1), 16–28. https://doi.org/10.31092/jaa.v2i1.1434
Gatut Priyowidodo. (2022). Demokrasi, Generasi Milenial dan Paradoks.
George Noveril Hibur, Ronald P.C. Fanggidae, Merlyn Kurniawati, Y. R. B. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model ( Tam ) Terhadap Minat Beli Di Marketplace Facebook ( Studi Pada Generasi Milenial Di Kota Kupang ) The Effect of Technology Acceptance Model on Buying Interest in the Marketplace Facebook ( Study on the Millennial Gen. Glory: Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 169–187.
Hardika, H., Nur Aisyah, E., & Gunawan, I. (2019). Buku Transformasi Belajar Generasi Milenial. In Education Inquiry.
Hazlina, N. (2022). Pengaruh Platform Media Sosial, Pengetahuan Investasi, Persepsi Resiko Dan Return Terhadap Minat Generasi Milenial Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Uin Suska Riau). http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64454
Indrayani. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Indrayani. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 328–333.
Isticharoh, & Kardoyo. (2020). Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 892–906. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42414
Khotimah, K. (2022). Pandangan Berbasis Sumber Daya (Rbv) Dalam Pembahasan Organisasi Ekonomi. 1980, 44–51
Kriesmawati, Y. (2023). Teknologi Dan Kebijakan Modal Minimal.
Kumala, K. N., & Venusita, L. (2023). Persepsi Risiko dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Dimoderasi dengan Media Sosial. Jurnal Akuntansi Unesa, 11(3), 297. http://journal.unesa.ac.id/index.php/akunesa
Kumala, K. N., & Venusita, L. (2023). Persepsi Risiko dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Dimoderasi dengan Media Sosial. Jurnal Akuntansi Unesa, 11(3), 290–299. http://journal.unesa.ac.id/index.php/akunesa
Kurniawati, R., Suparlinah, I., & Farida, Y. N. (2022). The effect of investment understanding, risk perception, income, and investment experience on investment behavior on capital market investors in Klaten District. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 3995–4004.
Leuwol, N. V., Manuhutu, M. A., Gaspersz, S., Uktolseja, L. J., Manurung, T., & Tindage, J. (2021). Smart Is An Art-Pembentukan Karakter Milenial Melek Teknologi Dan Cerdas Bernarasi Dalam Media Sosial (Pendidikan Katekisasi GKI Kasih Perumnas, Sorong, Angkatan 2000-2021). Jurnal of Dedication to Papua Community, 4(1), 11–20.
Maharani, B., & Hidayah, N. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(2), 275–286. https://doi.org/10.25105/jat.v8i2.9926
Mahendrayani, P. Y. (2021). Pengaruh Pemahaman Investasi, Penggunaan Teknologi Media Sosial Dan Hubungan Pertemanan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Maswir, M. (2022). Pengaruh Minat Investasi Terhadap Keputusan Investasi Pada Pt. Global Kapital Investama Berjangka Pekanbaru. 01, 1–7.
Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Business Management Journal, 16(2), 81. https://doi.org/10.30813/bmj.v16i2.2360
Nur Aini, Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). E-Jra, 08(05), 38–52.
Pajar, R. C., & Pustikaningsih, A. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 112–122. https://doi.org/10.36706/jp.v9i2.17263
Pujihati, F. D., Azhari, A. F., & Rachmadanty, L. (2023). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(5), 220–227. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7733141
Saraswati, K. R. A., & Wirakusuma, M. G. (2018). Pemahaman Atas Investasi Memoderasi Pengaruh Motivasi dan Risiko Investasi Pada Minat Berinvestasi. E-Jurnal Akuntansi, 24(2), 1584–1599. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v24.i02.p28
Rofiq, M., Anam, K., & Nursikin, Mukh. (2022). Strategi Pengembangan Pendidikan Nilai Pada Generasi Milenial. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.54783/jin.v4i2.542
Siswanti, P. D., & Eko Triyanto. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Awal Investasi Dan Sosial Media Influencer Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i2.1589
Sukma, H. A. (1992). Perspektif The Resource Based View (Rbv) Dalam Membangun Competitive Advantage. 19, 709–715. https://doi.org/10.20595/jjbf.19.0_3
Sulistyowati, A., Rianto, M. R., Handayani, M., & Bukhari, E. (2022). Pengaruh Financial Literacy, Return dan Resiko terhadap Keputusan Investasi Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2253. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5956
Susanto, & Jimad, N. (2019). Pengaruh Persepsi Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan E-filling. Jurnal Akuntansi Peradaban, 5(1), 104–124.
Syamsudin, M. (2021). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Labelisasi Halal,dan Religuisitas Terhadap Minat Beli. 74–75.
Yuliati, R., Amin, M., & Anwar, S. A. (2020). Pengaruh Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi, Pengetahuan Investasi, Dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 9(3), 32–48.
Yusuf, M. (2019). Pengaruh Kemajuan Teknologi dan Pengetahuan terhadap Minat Generasi Milenial dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.21009/jdmb.02.2.3