Analisis Promosi Berbasis Instagram Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Barbershop Mr. Klimiss Kelambir 5
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas promosi berbasis Instagram dalam meningkatkan brand awareness pada Barbershop Mr. Klimiss Kelambir 5. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan subjek penelitian konsumen Barbershop Mr. Klimiss Kelambir 5 yang dipilih sebagai sampel representatif. Prosedur pengumpulan data meliputi studi literatur, wawancara mendalam, observasi langsung, dan distribusi kuesioner. Analisis data dilaksanakan menggunakan metode regresi linier sederhana, dengan bantuan aplikasi statistik SPSS untuk memproses dan menginterpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui Instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan brand awareness Barbershop Mr. Klimiss Kelambir 5. Temuan ini menekankan pentingnya penggunaan media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat promosi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan pelanggan. penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berbasis Instagram terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness Barbershop Mr. Klimiss Kelambir 5. Oleh karena itu, direkomendasikan agar Barbershop Mr. Klimiss Kelambir 5 lebih konsisten dan intensif dalam menggunakan Instagram sebagai platform promosi utama mereka.
References
Ananda, D., Alfandi, D., & Yusida, E. (2023.). Kajian Strategi Pengembangan UMKM Dalam Menghadapi Era Digital (Studi Kasus UMKM Keripik Apel Delicious Kota Batu). In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 1).
Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI STAFFEE. CA BOUQUET SIDOARJO. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 6(4), 31-40.
Bhelia, D, Aisha (2023) Analisis Penerapan Strategi Promosi Berbasis Media Sosial Instagram Terhadap Peningkatan Customer Engagement (Studi Kasus: UMKM Serambi Milk).
Cant, M. C. (2012). Identifying The Factors That Influence Retail Customer Loyalty And Capitalising Them. In International Business & Economics Research Journal-November (Vol. 11, Issue 11). http://www.cluteinstitute.com/
Durianto, D. (2004). Brand equity ten strategi memimpin pasar. Gramedia Pustaka Utama.
Innocento, J. (2023). Analisa Penggunaan Hashtag (#) Dalam Meningkatkan Brand Awareness Sebuah Produk Di Mimo Indo
Jara, L. F., & Putra, M. R. (2021). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Menggunakan Metode Object Oriented Analysis and Design pada Umkm Tekstil Kota Padang. Jurnal KomtekInfo, 8(2), 110–117. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v8i2.105
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. Pearson education.
Musa, T. A., Halid, A., & Adam, E. (2024). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK STIK LABU MADU LABUQU. ZIRAA'AH MAJALAH ILMIAH PERTANIAN, 49(2), 234-246.
Nandaryani, N. W., Santosa, N. A., & Putra, I. P. D. A. (2021, April). Analisis desain konten instagram sebagai strategi promosi@ sayurboxbali. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 4, pp. 407-415).
Nuryanto, A. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan teknik Endang Mulyatiningsing. UNY PRESS, Yogyakarta
Oktaviavi N (2022), Strategi Komunikasi Pemasaran Umkm Fathromy Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial Instagram.
Ramaputra, M. A., & Afifi, S. (2021). Analisis strategi kreatif konten promosi usaha foodies melalui media sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), 67-81.
Rahmawati, A. F. (2024). Efektivitas Promosi Media Sosial Instagram Menggunakan EPIC Model Dampaknya terhadap Volume Pembelian Konsumen Sayuran dan Olahan Hidroponik dengan Brand Awareness sebagai Variabel Moderasi di PT. Kebunsayur Surabaya (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).
Rambat, L. dan A. H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi Kedua, Vol. 18). Salemba Empat, Jakarta
Rulli Nasrullah. (2016). Teori Dan Riset Media Siber (Cybermedia) (2nd ed., Vol. 1). KENCANA, Jakarta
Sugiyono (2010) Metode penelitian kuant. Alfabeta, Bandung.
Yohana, A., & Saifulloh, M. (2019). Interaksi simbolik dalam membangun komunikasi antara atasan dan bawahan di perusahaan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 122-130.