Pengaruh Substitusi Daging Sapi Dengan Ikan Gabus (Channa striata) Terhadap Sifat Fisik Bakso

  • Harapin Hafid H Universitas Haluoleo
Keywords: Bakso daging sapi, ikan gabus, kualitas fisik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh substitusi daging sapi dengan ikan gabus terhadap sifat fisik dan mutu organoleptik bakso serta menentukan perbandingan substitusi terbaik berdasarkan sifat fisik dan mutu organoleptik bakso. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 6 perlakuan P0 (100%) daging sapi, P1 (80% Daging sapi: 20% daging ikan gabus), P2 (70% daging sapi: 30% daging ikan gabus), P3 (60% daging sapi: 40% daging ikan gabus), P4 (50% daging sapi: 50% daging ikan gabus), P5 (100%) ikan gabus dan 4 ulangan. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah pH, rendemen, susut masak, bentuk, aroma, warna, cita rasa, tekstur, kekenyalan dan penerimaan umum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bakso daging sapi dengan substitusi ikan gabus berpengaruh nyata (P<0,01) terhadap organoleptik warna, dan cita rasa, namun tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap organoleptik bentuk, tekstur, aroma, kekenyalan dan penerimaan umum. sedangkan uji fisik tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pH, rendemen dan susut masak

References

Hafid, H. 2017. Pengantar pengolahan daging. Cetakan Pertama, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Hafid, H. dan Nuraini 2005. Penerimaan konsumen terhadap bakso sapi dari bahan daging dan tepung yang berbeda. Buletin Penelitian Sosek 15 (8) : 89-95.
Montolalu S, N. Lontaan, S. Sakul, A. Dp. Mirah. 2013. Sifat Fisiko-Kimia dan Mutu Organoleptik Bakso Broiler dengan MenggunakanTepung Ubi Jalar (ipomoea batatas.L) Jurnalzootek vol. 32 (5), Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Suprayitno, E. 2006. Studi profil asam amino albumin dan seng pada ikan gabus. Fakultas Perikanan Sriwijaya.
Aulawi, T. Retty. 2009. Sifat fisik bakso daging sapi dengan bahan pengenyal dan lama penyimpanan yang berbeda. Jurnal Peternakan Vol. 6 No. 2.

Angga WD. 2007. Pengaruh metode aplikasi kitosan, tannin, natrium metabisulfit dan mix pengawet terhadap umur simpan bakso daging sapi pada suhu ruang. (Skripsi). Bogor. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Jia, f., Y. Jing, R. Dai, X. Li, and B. Xu. 2013. High-pressure thawing of pork: water holding capacity, protein denaturation and ultrastructure. Joural of a food bioscience, 38:1-6.
Wibowo, S. 2005. Pembuatan Bakso Daging dan Bakso Ikan. Penebar Swadaya, Jakarta
Published
2023-11-20