Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Mahasiswa

(Studi Pada Pengguna Gedung E UIN Raden Intan Lampung)

  • Anggun Patricia UIN Raden Intan Lampung
  • Deska Ismayanti UIN raden Intan Lampung
  • Arman Hidayatullah UIN raden Intan Lampung
  • Vicky F Sanjaya UIN raden Intan Lampung

Abstract

Tujuan riset ini  untuk mengevaluasi secara lebih terperinci bagaimana fasilitas belajar dan lingkungan di Gedung E UIN Raden Intan Lampung dapat memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Masalah dalam penelitian ini dilakukan karna bedasarkan survey serta peneliti terdahulu dan masih banyaknya anggapan bahwa fasilitas belajar yang kurang lengkap serta belum memadai karena Fasilitas belajar salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan menggunakan kuesioner secara online yaitu Google Form sebagai alat pengumpulan data dari responden yang merupakan Mahasiswa/i Pengguna Gedung E Uin Raden Intan Lampung. Teknik analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji realibilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan Fasilitas belajar berpengaruh Positif tetapi tidak signifikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa.  Kesimpulan yang dapat ditarik adalah fokus pada perbaikan dan peningkatan lingkungan belajar dapat menjadi strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa di Gedung E UIN Raden Intan Lampung. Perlu terus memperhatikan aspek-aspek khusus dalam lingkungan yang paling dihargai oleh mahasiswa agar perbaikan dapat dilakukan secara tepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

References

Dalam sistem penulisan gaya APA (American Psychological Association), referensi jurnal dan buku harus mematuhi format yang telah ditetapkan. Berikut adalah contoh format yang sesuai untuk beberapa referensi yang Anda berikan:

Cikarang, A. B. C. D. I., & Farliana Sultartiah. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas.
Curahman. (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa dan Faktor-Faktor terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi di Kabupaten Subang. *Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi)*, 1(4).
Ginanjar, et al. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa.
Hanafi, et al. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dosen dan Fasilitas Perkuliahan terhadap...
Hendriana, A., & Pratama, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah di Kampus Bisnis Umar Usman. *Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi*, 6(2), 135–44.
Larasati, et al. (2022). Pengaruh Fasilitas Kampus dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Metode SEM. *Jurnal Baut dan Manufaktur*, 4(1).
Lulssianda, E. O. (2019). Pengaruh Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda Palembang. , 21(2), 126–31.
Sadewa, & Damayanti. (2023). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Lingkungan Kampus terhadap Kepuasan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang. *Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business*, 6(1).
Wirawan, & Risfandi. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kinerja Pustakawan dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menggunakan Perpustakaan Politeknik Negeri Batam. *Journal of Applied Business Administration*, 2(1).
Published
2023-12-30
How to Cite
Patricia, A., Ismayanti, D., Hidayatullah, A., & Sanjaya, V. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 216-236. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.991