Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Mahasiswa UIN RIL

(Studi Pada Komponen Es Teh Indonesia ‘Sukarame, Bandar Lampung’)

  • Arbia Sifa Kinasih UIN Raden Intan Lampung
  • Dina Pertiwi UIN Raden Intan Lampung
  • Ali Sadikin UIN Raden Intan Lampung
  • Vicky F. Sanjaya UIN Raden Intan Lampung
Keywords: harga, kualitas produk, lokasi, minat beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap minat beli di Es Teh Indonesia (Sukarame, Bandar Lampung) pada mahasiswa/i UIN RIL. Salah satu tempat nongkrong yang banyak diketahui dan sering dikunjungi mahasiswa/i adalah Es Teh Indonesia (Sukarame, Bandar Lampung). Penelitian dilakukan pada bulan September 2023 yang bertempat di Es Teh Indonesia (Sukarame, Bandar Lampung) dengan objek penelitiannya adalah Mahasiswa/i UIN RIL. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data dilakukan melalui uji reliabilitas, uji validitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh postif dan signifikan antara harga terhadap minat beli produk. Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap minat beli. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lokasi terhadap minat beli. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah untuk meningkatkan minat beli mahasiswa/i UIN RIL di Es Teh Indonesia, perusahaan dapat fokus pada strategi penetapan harga yang menarik dan mempertahankan lokasi yang strategis. Meskipun kualitas produk juga penting, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor ini mungkin tidak menjadi prioritas utama bagi mahasiswa/i dalam membuat keputusan pembelian di tempat tersebut.

References

Anwar & Wardani. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5).
Arianto & Difa. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).
Azizah, L. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Kiringan. Media Mahardhika, 19(1).
Fauzan & Rohman. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen. 9(2).
Halim & Iskandar. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Persaingan Terhadap Minat Beli.Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat. 4(3).
Helryelnzuls,dkk: 2018 yang dilakulkan olelh Welnson (2022) telrdapat hasil pelnellitian delngan juldull pelnellitian Irawan, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Satria Nusantara Jaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri. 5(2).
Isna, Alizar dan Warto, 2013. Analisis Data Kulantitatif. Pulrwokelrto: STAIN Prelss.
Japarianto & Adelia. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1).
Karundeng Et Al. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis. 8(2).
Kurniawan & Krismonita. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi (Studi Kasus Konsumen Giant Expresss Sukabumi). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen. 11(2).
Puspita & Budiatmo. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3).
Susanto, A. (2019). Pengaruh Merek, Desain Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Persebaya Store Gresik. Jre: Jurnal Riset Entrepreneurship. 2(2).
Tania Et Al. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik. 9(1).
Wirayanthy & Santoso. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. Jmd: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1).
Published
2023-12-30
How to Cite
Kinasih, A., Pertiwi, D., Sadikin, A., & Sanjaya, V. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Mahasiswa UIN RIL. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 190-215. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.990