Pengaruh Varian Produk, Packaging, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

(Studi Pada Nuju Coffe)

  • Annis Yuniar Sabilla UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Wardi ansyah UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Dhea Editya UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Vicky F Sanjaya UIN RADEN INTAN LAMPUNG
Keywords: Varian produk, packaging, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Pengusaha cafe harus mampu mempertahankan konsumen dengan memahami kebutuhan dan keinginannya dengan memilih strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh varian produk terhadap kepuasan pelanggan produk pada konsumen Nuju Coffe, mengetahui pengaruh packaging terhadap kepuasan pelanggan produk pada konsumen Nuju Coffe, serta mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan produk pada konsumen Nuju Coffe. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara varian produk terhadap kepuasan pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara packaging terhadap kepuasan pelanggan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. pengusaha Nuju Coffee perlu mempertimbangkan peningkatan dalam aspek-aspek tertentu terkait varian produk dan packaging untuk lebih efektif mempengaruhi kepuasan pelanggan. Namun, peningkatan kualitas layanan dianggap sebagai faktor yang lebih signifikan dalam mencapai kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, investasi dan perhatian lebih lanjut dalam meningkatkan kualitas layanan dapat menjadi strategi yang efektif untuk mempertahankan dan meningkatkan basis pelanggan Nuju Coffee.

References

A. W., Gullzar, M. A., Zongjuln, W., Gulndelrson, M., Gloy, B., Rodgelrs, C., Orazalin, N., Mahmood. (Bingley). (2022). Governance, 10(1), 54–75.
Albelrtuls, F. R. A., & Yoelstini. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus pada Warung Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang.
Brulcel, S., & Yelarlely, S. (2014). "Grand Theory." Dalam The SAGE Dictionary of Sociology, 13–33.
Bulrhan, A., Pradhanawati, A., Relni, &, & Delwi, S. (2013). "DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITIC, 2013," 1-9, SETIA KARIB ABADI SEMARANG.
Elconomics, P., Khaldoon, A., Ahmad, A., Weli, H., Youlsaf, I., Ali, S. S., Naveleld, M., Latif, A. S., Abdulllah, F., Ab Razak, N. H., Palahulddin, Elfnita, T. (2017). "Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Wedding Organizer." AdBispreneur, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.35936/adbispreneur.v2i2.13162
Ezar, & Kohardinata. (2018). "Dampak Packaging dan Product Quality terhadap Kepuasan Konsumen pada Produk Sambal Dapoer Kuno." Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(6).
Finthariasari, et al. (2020). "Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen." Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(2).
Isti, F., Buldi. H., L., & Minarsih, M. M. (2016). "Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffee Shop Semarang (ICOS CAFÉ)." Dalam Journal of Management, Volume 2, 1-13.
Iswantami, M. P. (2017). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen Muslim pada Food & Beverage di I-Club Madiun." Dalam Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Lasandelr, Christian. (2013). "Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional." Dalam MBA.
Mahira et al. (2021). "Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome." Korelasi: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2.
Maichaell. (2018). "Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Dapur Pandhawa." Journal of Management and Start-Up Business, 2(6).
Mellia, N., & AC, A. M. (2023). "Pengaruh Harga, Kebersihan Produk, Kualitas Produk, dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen yang Diintervensi oleh Variabel Kepuasan Konsumen pada Toko Virsya Jajanan Oleh-Oleh Khas Trenggalek." Dalam J-MAS (Journal of Management and Science), 8(1), 976.
Nanincova, N. (2019). "Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro." Dalam Jurnal Agora, 7(2).
Pawarti et al. (2022). "Pengaruh Variasi Produk terhadap Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Supermaket Toko Pomo, Boyolali). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 11(1).
Published
2023-12-29
How to Cite
Sabilla, A., ansyah, W., Editya, D., & Sanjaya, V. (2023). Pengaruh Varian Produk, Packaging, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 151-172. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.988