Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pembelian Pakaian Preloved

(Studi Kasus Toko Ibe Preloved di Sawit Seberang Kabupaten Langkat)

  • Nadiya Tri Dayanti Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek , Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pembelian Pakaian Preloved (Studi Kasus Toko Ibe Preloved di Sawit Seberang Kabupaten Langkat).  Penelitian ini dilakukan di Toko Ibe Preloved di Jalan Besar  Sawit Seberang No. 42, Kecamatan: Sawit Seberang, Kabupaten Langkat. Dengan sampel 96 pelanggan namun koesioner yang kembali 50 koesioner,  Teknik pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Studi pustaka, Wawancara dan Angket/kuesioner .Metode alnallisis daltal yalitu  uji valliditals daln relialbilitals. Uji alsumsi klalsik yalng terdiir dalri uji normallitals, Uji Multikolonieritals, uji Heteroskedalstisitals. Alnallisis Regresi Linier Bergalndal, Uji hipotesis yalng terdiri dalri uji t, uji f daln uji determinalsi.  Pengolallhalln dalltall menggunallkalln softwallre stalltistik. Berdasarkan hasil penelitian Kualitas Produk dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pembelian Pakaian Preloved (Studi Kasus Toko Ibe Preloved di Sawit Seberang Kabupaten Langkat). dapat disimpulkan bahwa peningkatan Kualitas Produk dan Citra Merek pada toko tersebut dapat dianggap sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dalam konteks pembelian pakaian preloved.

References

Cut Melissa Widyanti, (2023) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Busana Muslim Rabbani (Survey Pada Konsumen Outlet Rabbani Dipati Ukur Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.
Dedhy Pradana, S. H. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan citra merek Brand Image terhadap keputusan pembelian motor. Jurnall Kinerjal, volume 4 2017. https://journall.feb.unmul.alc.id/index.php/KINERJAl/ alrticle/view/2445/0
Diana dan nastiti (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan. Jurnal Perwiral .volume 2, nomer 2. https://perwiralindonesial.com/eJournall/index.php/perwiral/ alrticle/view/28
Enggarwati, P., Sumiati, & Sunaryo. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kuallitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen (Studi Pada Butik Zoya Di Kotal Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 4 No.1, hall. 45-54. Kotler, P., & G, Al. (2018). Principles Of Malrketing Ed.17th Globall Edition. Boston: Pearson.
Faizal, H., & Nurjanah, S. 2019, Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 307–316.
Firanazulah & Ajat Sudrajat . (2021). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen air mineral aqua. Jurnal Akuntansi dan Keaungan.
Heri, Andi. Puspita Sari, Nurman, Muh. & Haeruddin (2022) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Skincare Scarlet. Pinisi Journal Of Art, Humanity And Social Studies
Lepojevic, V., & Dukic, S. (2018). Falctors Alffecting Customer Loyallty In The Business Market - An Empiricall Study In The Republic Of Serbial1 . Economics And Organization Vol. 15, No 3 , 245 – 256. http://calsopisi.junis.ni.alc.rs/index.php/FUEconOrg/alrticle/view/4090
Leni Kurnia Dewi. Anindhyta Budiarti (2021) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Queenstreet Store. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. X, No. 3
Kotler, P. and Kevin Lane Keller. 2018. Perilaku Konsumen (sikap dan
pemasaran). Terjemahan: Firmansyah, M. Al. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Mella Ramadhani & Nurhadi (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang.
Mega, A. (2018). Pengaruh Brand Image Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Baju Mulim Elzatta Ponorogo City Center. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Mowen, J.C., dan Minor, M. 2017. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.
Oliver loi, ahmad yudhira (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen pada konsumen PT. Exzer amsal mandiri. Journal economic and strategy (jes). Fakultas ekonomi dan bisnis, universitas Tjut nyak dhien. https://journall.utnd.alc.id/index.php/jes/alrticle/view/310
Shania Aulia Rahma & Agus Hermani (2020) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas Konsumen (studi kasus peacockoffie gombel semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. X, No. 3
Published
2023-12-27
How to Cite
Dayanti, N. (2023). Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pembelian Pakaian Preloved. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 111-126. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.979