Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Grab

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis)

  • Dilla Puspita Universitas Tjut nyak Dhien
Keywords: Kualitas layanan dan kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen GRAB (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis  Penelitian ini dilakukan di Universitas Tjut Nyak Dhien Gg. Rasmi No. 28, Sei Sikambing C. II, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara 20123.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, semester 1(satu) yang memakai jasa GRAB. Dan sampel berjumlah 42 respoden.  insturmen penelitian adalah angket dengan model skala likert.  Metode yang dilakukan dalam penelitian ini berupa  Observasi, Wawancara, Kuesioner dan Studi Dokumentasi (Kepustakaan) Metode alnallisis daltal yalitu  uji valliditals daln relialbilitals. Uji alsumsi klalsik yalng terdiir dalri uji normallitals, Uji Multikolonieritals, uji Heteroskedalstisitals. Alnallisis Regresi Linier Bergalndal, Uji hipotesis yalng terdiri dalri uji t, uji f daln uji determinalsi.  Pengolallhalln dalltall menggunallkalln softwallre stalltistik. Berdasarkan hasil penelitian Kuallitals lalyalnaln dan kepuasan konsumen berpengalruh positif daln signifikaln secalral palrsiall maupun secara simultan terhaldalp loyallitals konsumen gralb (studi kalsus malhaliswal falkultals ekonomi daln bisnis). Maka dapat disimpulkan ketika kualitas layanan meningkat dan konsumen merasa puas, mereka cenderung lebih loyal terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Granfindo Persada.
Arief Firdaus Nurdiansyah, & Edy Purwo Saputro (2023) . Pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap Kepuasan, kepercayaan dan loyalitas konsumen. Jurnal Manajemen Dirgantara Vol. 16, No. 1, Juli 2023.
Clara Audina1& Abdullah Rakhman (2023). Pengalaman dan Kepuasan Berpengaruh Positif terhadap Loyalitas Pelanggan Gofood di Jakarta. Jurnal Manajemen. Vol. 12, No. 2, Mei-Oktober
Cipta,. K. A. Parwini, W. (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Lembaga Perkreditan Desa Desa Adat Tajun. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 4 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2022.
Dina Rizki Febriana & Rini Wijayanti (2023) . Pengaruh Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Metropolitan Mall Cibubur. URNAL IKRATH-EKONOMIKA Vol 6 No 2 Juli 2023
Fatona, Holifatun (2023) . Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Kedoya Raya 2. : Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen Vol.1, No.3 September 2023
Gusti Agung Ayu Suryantini & , I Nyoman Sujana (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee di Kota Singaraja . Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11, Number 1, Tahun 2023, pp. 116-122
Halsibualn, Mallalyu. (2019). Malnaljemen Sumber Dalyal Malnusial. Jalkalrtal: Penerbit Bumi Alksalral.
Imelda Aprileny , Afzalur Rochim, Jayanti Apri Emarawati (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Grab Bike SMA Islam Al-Azhar 4). Jurnal STEI Ekonomi (JEMI). Volume 31 Number 02 (Desember 2022): 60 - 76
Lu Kotler, P. alnd Kevin Lalne Keller. (2018). Perilalku Konsumen (sikalp daln
pemalsalraln). Terjemalhaln: Firmalnsyalh, M. Al. Palsurualn: CV. Penerbit Qialral
Medial.
Lupiyoaldi, Ralmbaltdaln Al. Halmdalni. (2018). Malnaljemen Pemalsalraln Jalsal-Berbalsis Kompetisi. Jalkalrtal: Sallembal Empalt.
Nunky Junior Seaman Mangiri1,. & Luana Sasabone (2023) . Pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pt. Anugrah karunia logistic. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) Vol. 7 No. 2, 2023
Widayanto ,. Ahmad Faisal Adi Putra1, Agus Hermani, (2022) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Indihome di Jepara). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 11, No. 3, 2022 e-ISSN 2746-1297
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerepan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.
Published
2023-12-27
How to Cite
Puspita, D. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Grab. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 97-110. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.947