Pengaruh Nilai Yang Dirasakan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Mengunjungi Kembali

(Studi Pada Pelanggan Café Pos Kupi Medan)

  • Muhammad rifki ananda Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Amirudin Amirudin Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Perceived value, customer satisfaction, intention to revisit.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Nilai yang Dirasakan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Mengunjungi Kembali di Cafe POS KUPI Medan, serta menganalisis dampak Bauran Pemasaran dan Citra Merek secara bersamaan terhadap Keputusan Pembelian produk di kafe tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuisioner sebagai instrumen, melibatkan 55 responden yang dipilih secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang dirasakan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian di Cafe POS KUPI Medan. Sedangkan secara parsial kepuasan pelanggan tidak berpengaruh. Hasil penelitian memberikan implikasi praktis bagi pengelolaan Cafe POS KUPI Medan, termasuk strategi pemasaran seperti diferensiasi produk, penetapan harga yang kompetitif, dan promosi melalui media cetak. Analisis segmentasi menunjukkan target pasar yang melibatkan anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, dengan penguatan jaringan kemitraan sebagai solusi.

References

Adixio, R. F., & Saleh, L. (2013). Pengaruh kualitas layanan dan nilai yang dirasakan terhadap niat pembelian ulang melalui mediasi kepuasan pelanggan restoran solaria di surabaya. Journal of Business & Banking, 3(2), 151-164
Agung Gita Subakti , Darwin Tenironama , Ari Yuniarso . Analisis Persepsi Konsumen ( Studi Kasus Molecular Mixology di Loewy , Jakarta ) Bina Nusantara University.2018 .
AGUSTINA, R. (2020). Pengaruh Nilai Yang Dirasakan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Mengunjungi Kembali Restoran Fish Streat Di Jakarta (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Alma H. Buchari . 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa . Bandung : Alfabeta.Firmansyah , M. Anang . 2018. Perilaku Konsumen ( Sikap dan Pemasaran ) . Yogyakarta : CV Budi Utama .
Fitriya, S. (2023). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali ke Objek Wisata Kabupaten Kerinci. Business, Economics and Entrepreneurship, 5(2), 184-195.
Hawkins , D. I. , & Mothersbaugh , D. L. 2016. Consumer Behavior : Building Marketing Strategy . New York : McGraw - Hill .
Kotler , P. , & Keller , K. L. 2021. Manajemen Pemasaran , Edisi 13 , Jilid 2 . Terjemahan oleh BoB Sabran MM : Penerbit Erlangga.
Kotler , Philip and Gary Amstrong . 2016. Prinsip - prinsip Pemasaran . Edii13 . Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. and Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1 dan 2. Terjemahan: Drs. Benyamin Molan, Jakarta : Indeks.
Kusumadewi, N., & Saraswati, T. G. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Official Store Scarlett Di Shopee Dan Tokopedia. eProceedings of Management, 7(3).
Minarti , Mega Sifti , dan Nora Pitri Nainggolan . 2020. Pengaruh gaya hidup , promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada toko online shopee . Jurnal Ilmiah Kohesi
Oliver, R. L., (2004). Satisfaction; A Behavioral Perspective on the Customer, Mc Graw-Hill, New York, NY.
Perdana, M. F. A., & Mulyadi, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Grosir Zahra Purwasari Kabupaten Karawang. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3).
Rama, R. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan dan Kepuasan Berbelanja Online terhadap Minat Membeli Kembali Konsumen (Studi pada Pengguna Shopee di Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Ridha, M., & Amalia, R. (2018). Citra tujuan wisata dan citra kuliner aceh serta pengaruhnya terhadap niat wisatawan untuk kembali mengunjungi Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4), 137-146.
Setiadi , N. J. 2019. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif , Tujuan , dan Keinginan Konsumen . Edisi Ketiga ( Vol . 3 ) . Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Solihin Dede , 2020 , Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening . ISSN 2580-3220 , E - ISSN 2580 4588
Sugiyono . 2017. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : ALFABETA Tandjung Widodo .
Tjiptono , Fandy . 2017. Strategi Pemasaran , edisi 2. Yogyakarta . Andi Offset .
Tjiptono Fandy , Anastasia Diana . 2019. Kepuasan Pelanggan : Konsep , Pengukuran dan Strategi . Yogyakarta : Penerbit Andi
Zeithaml, V.A. Bitner, Mary J. Gremler, Dwayne D. (2003), Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, International Edition, 3th Editon. New York : Mc Graw Hill Companies. Inc.
Published
2023-12-31
How to Cite
ananda, M., & Amirudin, A. (2023). Pengaruh Nilai Yang Dirasakan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Mengunjungi Kembali. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 255-268. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.927