Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Membeli Tiket Bioskop Online Melalui Aplikasi Tix.Id Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

  • Nurlela Nurlela Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Harga, Promosi, Loyalitas

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh harga dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan saat membeli tiket bioskop secara online dengan menggunakan survei tix.id yang ditujukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan atau pada saat yang sama. Penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan yang membeli tiket melalui tix.id. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow dalam penelitian ini sebanyak 96 orang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan yang membeli tiket bioskop melalui aplikasi tix.id. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan analisis data menggunakan metode Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) Versi 24.00 digunakan untuk pengelolahan data dalam penilitan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam pembelian tiket bioskop online melalui aplikasi tix.id studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan.

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Christiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran. Perdana Publishing.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Cannon, P., & McCharthy. (2018). Manajemen Pemasaran. Salemba Empat.

Durianto, D. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Traditional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1(3), 1–10.

Japarianto, E., Laksmono, P., & Khomariyah, N. A. (2017). Analisa Kualitas Layanan Sebagai Pengkuran Loyalitas Pelanggan Hotel Majapahit Surabaya Dengan Pemasaran Relasional Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(1), 1–14.

Kotler, P., & Amstrong. (2017). Marketing Management. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management. Pearson Education Inc.

Kusmawati, L., & Wiksuana, I. G. B. (2018). Pengaruh Pendapatan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Wilayah Sarbagita Provinsi Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2592–2620.

Lamb, C. w, Hair, J. F., & McDaniel, C. (2016). Pemasaran. Salemba Empat.

Lovelock, H. C., & Laurent, K. W. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Gramedia Pustaka Utama.

Lovelock, H. C., & Wirtz, J. (2015). Pemasaran Jasa Perspektif. Erlangga.

Moorhead, & Griffin. (2013). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Peter, & Oloson. (2016). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Swastha, B. (2015). Manajemen Pemasaran. BPFE UGM.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Andi.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Pustaka Sejati.

Published
2023-10-22
How to Cite
Nurlela, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Membeli Tiket Bioskop Online Melalui Aplikasi Tix.Id Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 63-78. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.872