Analisis kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada tiktok shop dikelurahan kota tanjungbalai

  • tari Silvia Panjaitan Universitas Tjut nyak Dhien
Keywords: Kualitas produk,harga,minat beli konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan analisis minat beli pelanggan terhadap propduk tiktok di Selat Lancang, Kelurahan Kota Tanjungbalai. 57 orang dipilih sebagai sampel, dan 113 orang yang dipilih secara acak sebagai populasi. Kedua hipotesis diuji dan regresi linear berganda yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis. Hasil uji t menunjukan bahwah kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Hasil uji t menunjukan bahwa 6,248 lebih besar dari 1,67 yang menunjukan bahwa kualitas dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Dengan kofisien determinasi 0,672, penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen si toko tiktok di kelurahan selat lancang Kota Tanjungbalai. penelitian ini menyatakan bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen di toko TikTok di wilayah tersebut. Hal ini dapat membantu pemilik bisnis dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan minat beli pelanggan mereka.

References

Al'asqolaini, M. Z., & Musthofa, A. J. (2020). Kualitas Produk dan Harga Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Konsumen Pada Rebana NS Di Kabupaten Gresik. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 240-252.
Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Yogyakarta: CV Budi Utama
fitriyana, rani, & waruwu, khamo. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA FEB UTND). VALUE, 3(1), 11-24. https://doi.org/10.36490/value.v3i1.308
Ghassani, M. T., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang bandeng juwana vaccum melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (studi kasus pada pelanggan PT. Bandeng Juwana Elrina Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 311-319.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.
Hidayat, A., & Hartanto, G. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Bergaransi Distributor Pada PT. Tiga Agung. eCo-Buss, 2(1), 16-29.
Isnaini, Fitria. 2015. Analisis Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone di Kalangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Surakarta Angkatan 2013. Jurnal Eknomi dan Bisnis No.1 Vol. 1
Kasmir. 2017. Customer Service Excelent. PT Raja Grafindo Persada
Kotler P, dan Keller K.L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1&2. Jakarta: PT Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: salemba Empat.
mulyana, ahmad, & Sudrartono, T. (2021). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG ROTI DI PT. STANLI TRIJAYA MANDIRI BANDUNG. VALUE, 2(1), 74-85. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.187
priyanto, muhamad, & Sudrartono, T. (2021). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG AKSESORIS PAKAIAN DI TOKO MINGKA BANDUNG. VALUE, 2(1), 57-66. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.184
Robiah, S., & Adinugraha, H. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Harga, dan Kreativitas Dekorasi Terhadap Minat Sewa Jasa MUA. JOURNAL ECONOMICS AND STRATEGY, 3(1), 54-69. https://doi.org/10.36490/jes.v2i2.286
Satria, A. A. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45-53.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung. Alfabeta.
Tjibtono, Fandy dan Candra Gregorius. 2016. Service Quality dan Satisfaktion. Yogyakarta: Andi.
Tjibtono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian) Yogyakarta: Andi
Utami, R. P. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli sayuran organik di pasar sambas Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).
Published
2023-10-22
How to Cite
Panjaitan, tari. (2023). Analisis kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada tiktok shop dikelurahan kota tanjungbalai. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 18-28. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.836