Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Majestyk Bakerery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan

  • Desmawati Gulo Gulo Universitas Tjut nyak Dhien
  • Mella Yunita Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Kualitas produk ,promosi ,keputusan pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengamati dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. Populasi penelitian ini adalah konsumen Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang dipakai minimum 96 responden yang berbelanja di toko Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. Analisis data yang di tetapkan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linear berganda yaitu Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. RSquare menunjukkan variabel bebas, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan pentingnya kualitas produk dan promosi dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen di Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan, tetapi juga mengingatkan bahwa masih ada variabel - variabel lain yang dapat memengaruhi keputusan pembelian yang belum dipertimbangkan dalam penelitian ini

References

Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ci, Angela Mari. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Golden City Residence Kota Batam. Skripsi. Batam: Universitas Putera Batam.
Dharmesta, B.S. dan Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Firmansyah, Anang. 2018. Perilkau Konsumen (Skiap dan Pemasaran. Yogyakarta: Depublish.
Guntara, Sangga Pijar. 2021. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembeli Seragam Futsal Pada Toko Focus Konveksi Di Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Hidayat, Riau Rahmat. 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembeli Gula Aren Sawit Di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut). Skripsi. Medan: UIN Sumatera Utara.
Ikhsan, Arfan, dkk. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis: Untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung: Citapusaka Media.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong, Garry. 2018. Prinsip-Prinsip Marketing. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Indeks Gramedia.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2012. Manajemen Pemasaran. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali.
Kotler, Phillip dan Amstrong, Garry. 2016. Principles of Marketing. England: Pearson Education Limited.
Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Laia, Bedalu. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di UD. Karunia Abadi Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Skripsi. Teluk Dalam: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nias Selatan.
Laksana, M.F. 2019. Praktisi Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: Al Fath.
Loi, Poliver dan Yudhira, Ahmad. 2022. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsumen PT. Exzer Amsal Mandiri. Journal Economic and Strategy (JES). Vol 3 No.2.
Lugu, Anselmusdeli, Yudhira, Ahmad dan Wauruwu, Khamo. 2022. Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Exzer Amsal Mandiri. Journal Economic and Strategy (JES). Vol 3 No.2.
Musfar, Tengku Firli. 2020. Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Oktavenia, Kadek Ayuk Riska dan Ardani, I Gusti Agung Ketut. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembalian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 8 No. 3.
Perdana, Surya Putra. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Meubel AA Di Kecamatan Rambatan Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Prawirosentono, Suyadi. 2002. Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo:Zifatama Publishing.
Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrayani. 2019. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Kumala Celebes Motor (Mazda Makassar). Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Swasta, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Swastha, Basu. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2009. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014. Service, Quality, Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husein. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.
Published
2023-10-22
How to Cite
Gulo, D. G., & Yunita, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Majestyk Bakerery & Cake Shop Cabang Kapten Muslim Medan. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(2), 1-17. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.815