PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPETENSI KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN PRODUKSI PT. WILIS INDONESIA STEEL KEDIRI

  • Karina Tasya Puspitasari universitas
  • Aprilia Dian Evasari universitas Islam Kadiri kediri
  • Rike Kusuma Wardhani universitas Islam Kadiri kediri
Keywords: Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi, Kompetensi Kerja, dan Efektivitas Kerja

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membahas dan menjelaskan pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasi, dan kompetensi kerja terhadap efektivitas kerja karyawan pada bagian produksi PT. Wilis Indonesia Steel Kediri. Penelitian ini berjenis metode kuantitatif dan menggunakan teknik sampel jenuh. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu semua karyawan bagian produksi di PT. Wilis Indonesia Steel Kediri yang berjumlah 66 karyawan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja, komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja, dan kompetensi kerja berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja. dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semua variabel yang ditelili mempunyai pengaruh terhadap efektifitas kerja sehingga kefektifitasan kerja dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kecerdasan emosional, komitmen organisasi, dan kompetensi yang dimiliki karyawan.

References

Aulia, V. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Hamatek Indo Bekasi. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(2), 158–168.
Ermayanti, F. N., Jatmiko, U., & Evasari, A. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kediri. 1(1), 109–119.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EI lebih penting daripada EQ. Gramedia Pustaka Utama.
Hasibuan, S. P. M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara.
Hutapea, P. & N. T. (2011). Kompetensi Komunikasi Plus: Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Gramedia Pustaka Utama.
Kusnara. (2013). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Efektivitas Kerja Guru di UPTD Pendidikan Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 1(1), 99–106.
Laktama, D., Jatmiko, U., & Evasari, A. D. (2022). Pengaruh Self Efficacy, Komitmen Organisasi, dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan UD. Santoso Kediri. 02(September), 28–35.
Naina, S. M., & Yunita, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT Citilink Indonesia Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i1.260
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Suparyadi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Andi Offset.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia (pertama). Kencara Prenada Media Group.
Yusuf, R. Mardiana & Syarif, D. (2017). Komitmen Organisasi : Definisi, Dipengaruhi dan Mempengaruhi. Nas Media Pustaka.
Published
2023-04-21
How to Cite
Puspitasari, K., Evasari, A., & Wardhani, R. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMEN ORGANISASI DAN KOMPETENSI KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BAGIAN PRODUKSI PT. WILIS INDONESIA STEEL KEDIRI. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(3), 213-225. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i3.721