PENGARUH MODERNISASI DALAM PABRIK ES TELENGSARI, JEMBER SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DARI ZAMAN KOLONIAL KE ZAMAN MODERN

  • Alifa Nur Wijayanti Universitas Jember
  • Jenny Fernanda Universitas Jember
  • Natanael Natanael Universitas Jember
Keywords: modernization, existence, changing times, provincial income

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh pabrik es Telengsari, Jember dalam hal mempertahankan posisi atau eksistensinya sejak zaman kolonial sampai dengan zaman modern, seperti dewasa ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode ini dipilih sebab ingin mengetahui lebih rinci mengenai pengalaman individu dalam hal ini pihak pengelola dalam mengambil suatu tindakan guna menjalankan produktivitas pabrik agar tetap terus berjalan tanpa tergerus perubahan zaman. Data diperoleh dari hasil riset observasi, wawancara, serta dokumentasi. Populasi dari sesi wawancara sebanyak empat belas orang dengan sampel satu informan yang memiliki kedudukan Penanggung Jawab Manajer yang juga merangkap sebagai Admin. Hasil dalam penelitian ini adalah strategi pengelolaan pabrik sehingga dapat berdiri dari zaman kolonial hingga modern ini diperoleh karena adanya pihak yang terus-menerus bergantung dengan berdirinya pabrik es Telengsari ini, seperti nelayan dan pabrik edamame. Selain itu, sifat karyawan yang ulet atau tidak gampang keluar (betah bekerja keras) juga menjadi faktor mengapa pabrik ini tetap berjalan dengan baik. Modernisasi mesin serta bangunan pabrik juga menjadi alasan kuatnya pabrik dalam menghadapi tantangan yang ada di setiap zaman. Meskipun dibarengi dengan pergantian pengelolaan PT, pabrik ini tetap mampu menyumbang pendapatan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

References

Diatmika, I Putu Gede dan Rahayu, Sri. (2022). Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lokal dan Peran Pemerintah. Malang: Ahlimedia Press.
Eko Aristanto. (2019). Kredit Usaha Rakyat (KUR): Pilihan Kebijakan Afirmatif Mendorong Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia. Journal of Banking and Finance, 1 No. 1, 10–23.
Handayani, B. L., WIcaksono, D. S. P. H., Yuswadi, H., Ganefo, A., & Hidayat, N. (2022). STRATEGI BERTAHAN HIDUP MASYARAKAT KAMPUNG MERAK SITUBONDO DI ENCLAVE AREA. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(4).
Hendrik Suhendri, Nur Ida Iriani, Efriani Aswani Tanggu. 2021. Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Masa Sebelum Dan Saat Terjadinya Pendemi Covid 19. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Vol.9, No.1, 2021. Hal 63- 68. Universitas Tribhuwana Tunggadewi.
Hidayat, B., Muslihudin, M., & Akmal, S. (2018). Modernisasi Pengolahan Eyek-Eyek (Cassava Cracker) untuk Meningkatkan Produktivitas Usaha Pengolahan Beras Siger (Tiwul Modifikasi). Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian.
ILO. (2020). Ketahanan hidup perusahaan hampir habis, pekerjaan semakin terancam Temuantemuan utama survei usaha terdampak COVID-19 dari program ILO SCORE Indonesia.
Jamaludin, A. N. (2016). Sosiologi Pembangunan (Tim Redaksi Pustaka Setia, Ed.; book, Vol. 1). CV Pustaka Setia.
Lili, Marselina Ara. 2018. Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Masyarakat di Desa Magmagan Karya Kecamatan Lumar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak (tesis tidak dipublikasikan).
Ramdhani, M. L. (2022). ANALISIS MODERNISASI MESIN TERHADAP PRODUKSI PT PERKEBUNAN NUSANTARA VIII. Politeknik Keuangan Negara STAN.
Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57–65.
Vierginia, A., & Handayani, B. L. (2022). Pemaknaan Konsep Nrimo bagi Masyarakat di Wilayah Banjir Dusun Biting, Desa Kutorenon, Lumajang. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 4(2), 87–95.
Yanto, N. F., & Bharata, L. W. (2019). Pembentukan Subjektivitas Buruh di Dalam Pabrik: Etnografi Buruh Perempuan di Jember (The Labour Subjectivity Formation in Within A Factory: Etnography Women Labour in Jember). E-SOSPOL, 6(1), 21–26.
Published
2023-04-21
How to Cite
Wijayanti, A., Fernanda, J., & Natanael, N. (2023). PENGARUH MODERNISASI DALAM PABRIK ES TELENGSARI, JEMBER SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DARI ZAMAN KOLONIAL KE ZAMAN MODERN. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(3), 196-212. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i3.711