PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KOPICIE JALAN GATOT SUBROTO KOTA MEDAN

  • Mella Yunita Fakultas Ekonomi, Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk terhadapa Kepuasan Konsumen Kopicie Medan.

Penelitian ini dilaksanakan pada Konsumen Kopicie Medan, dengan populasi dan sampel sebanyak 100 orang diambil secara purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif untuk menjelaskan data penelitian dan deskripsi penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat analisis Regresi Linier berganda

Instrumen penelitian adalah angket/kuisioner dengan model skala likert. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda pada taraf signifikansi α = 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh   yang signifikan antara Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan t hitung= 2.201;  (2) ada pengaruh yang signifikan antara Pelayanan terhadap Kepuasan Konsume dengan t hitung= 2.498.

Saran-saran yang disampaikan adalah; (1). Kopicie Medan lebih meningkatkan pelayanan prima bagi pelanggannya agar memberika rasa nyaman sehingga bisa berkelanjutan.(2), Menambahkan variasi rasa Kopi agar para pelanggan tidak bosan dengan rasa yang monoton setidaknya dikreatifkan lagi agar lebih menarik.(4).Membuat tempat yang nyaman seperti tempat parker, agar para konsumen yang datang dan berkunjung merasa puas dan betah sehingga menambah porsi pembeliannya.

Published
2018-08-11
Section
Artikel