PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNGA ANGGREK DI CV. SUMATERA BUSAN NAMORAMBE DELI SERDANG

  • vika nurhaliza Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Abdul Malik Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Kualitas produk, Promosi online, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk dan promosi online terhadap keputusan pembelian Bunga Anggrek di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang. Teknik analisis daya yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 133 orang konsumen di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang. Pelaksanaan penelitian dengan cara memberikan kuesioner kepada konsumen di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas produk dan promosi online terhadap keputusan pembelian di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang, dengan hasil regresi berganda yaitu Y=4,875+0,506X1+0,284X2+e. Hasil uji t (Uji Parsial) kualitas produk terhadap keputusan pembelian bunga Anggrek diperoleh nilai thitung = 6,152>1,656 dan hasil uji t (Uji Parsial) promosi online diperoleh nilai thitung = 4,480>1,656, hal ini berarti bahwa secara parsial faktor kualitas produk dan promosi online memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang, selain itu uji F diperoleh nilai Fhitung>Ftabel (58,856>3,087) dengan tingkat probability (0,01<0,05). Koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,475 hal ini berarti kualitas produk dan promosi online mampu meningkatkan keputusan pembelian di CV. Sumatera Busan Namorambe Deli Serdang 47,5% dan sisanya 52,5% dijelaskan oleh variabel di luar penelitian.

Published
2022-12-05
How to Cite
nurhaliza, vika, & Malik, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNGA ANGGREK DI CV. SUMATERA BUSAN NAMORAMBE DELI SERDANG. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(2), 163-174. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i2.363