PENGARUH HARGA DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNGA HIAS (STUDI KASUS KONSUMEN TANAMAN BUNGA HIAS DI KAWASAN TAMAN BUNGA HIAS DUSUN V KECAMATAN PAGAR MERBAU)

  • rizki fitria ananda Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • mutawaqil billah tumanggor Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Harga Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau). populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 348 konsumen. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin, dan menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Jadi, jumlah keseluruhan responden dalam penelitian ini adalah 78 Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau. Penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Taman Bunga Hias di Jl. Dusun V, Tj. Garbus II, Kec. Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos: 20551. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui obeservasi, dokumentasi dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau) dengan nilai koefisien sebesar 0,499, dimana nilai t-hitung > t-tabel (5,929 > 1.6646) dan signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa Karakteristik Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau) dengan nilai koefisien sebesar 0,397, dimana nilai t-hitung > t-tabel (4,716 > 1.6698) dan signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa Harga dan Karakteristik Konsumen secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Bunga Hias (Studi Kasus Konsumen Tanaman Bunga Hias Di Kawasan Taman Bunga Hias Dusun V Kecamatan Pagar Merbau) dengan nilai Fhitung (58,309) > Ftabel (3,12), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Published
2022-10-06
How to Cite
ananda, rizki, & tumanggor, mutawaqil. (2022). PENGARUH HARGA DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUNGA HIAS (STUDI KASUS KONSUMEN TANAMAN BUNGA HIAS DI KAWASAN TAMAN BUNGA HIAS DUSUN V KECAMATAN PAGAR MERBAU). JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(2), 109-121. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i2.355