PENGARUH LOKASI, INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM SAPU LIDI DAN SAPU IJUK DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA

  • Sintia kusuma defi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nur'ain Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Muhammad Rahmat Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • mutawaqil billah tumanggor Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstract

Riset ini memiliki tujuan guna mengetahui pengaruh lokasi, inovasi produk, dan harga terhadap keunggulan bersaing pada UMKM sapu lidi dan sapu ijuk di Kecamatan Tanjung Morawa. Teknik pemeriksaan ini menggunakan informasi yang bersifat deskriptif dan kuantitatif. Sampel sebanyak 35 responden UMKM sapu lidi dan sapu ijuk. Keluaran riset menunjukkan bahwa lokasi, inovasi produk, dan harga berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada UMKM sapu lidi dan sapu ijuk di Kecamatan Tanjung Morawa. Regresi linier berganda menunjukkan hasil Y = - 1.243 + 0.170 X1 + 0.461X2 + 0.464 X3 + e. keluaran (uji t) untuk variabel lokasi diperoleh nilai t hitung < t tabel atau setara dengan (1,736 > 1,693) pada taraf signifikan 5%, hal ini menunjukkan bahwa semakin baik lokasi maka semakin unggul UMKM sapu lidi dan sapu ijuk di Kecamatan Tanjung Morawa. Hasil uji t untuk variabel inovasi produk nilai thitung > t tabel atau (2,537>1,693) pada taraf signifikan 5%, hal ini berarti semakin baik inovasi produk maka semakin unggul UMKM sapu lidi dan sapu ijuk di Kecamatan Tanjung Morawa. Selain itu, akibat uji-t variabel harga menunjukkan nilai thitung > t tabel atau setara dengan (3,073>1,693) pada taraf signifikan 5%. Artinya, semakin baik harga, maka keunggulan UMKM sapu lidi dan sapu ijuk di Kecamatan Tanjung Morawa semakin berkembang. Akibat dari uji F diperoleh F angka-angka > F tabel atau (9,749) > Ftabel (2,911) maka pada titik tersebut dengan tingkat signifikan (0,00 < 0,05) maka pada titik tersebut pengaruh lokasi, inovasi produk, dan harga secara bersama-sama pada dasarnya mempengaruhi keunggulan UMKM sapu lidi dan sapu ijuk di Kecamatan Tanjung Morawa. Nilai dari koefisien jaminan (R2) sebesar 0,485 menyiratkan bahwa lokasi, inovasi produk, dan harga memberi pengaruh variabel keunggulan sebesar 48,5% dan sisanya 51,5% dipahami oleh berbagai faktor di luar tinjauan.

Published
2022-08-15
How to Cite
defi, S., Harahap, N., Rahmat, M., & tumanggor, mutawaqil. (2022). PENGARUH LOKASI, INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM SAPU LIDI DAN SAPU IJUK DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(1), 195-207. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i1.354