PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TIPE RUMAH DI PERUMAHAN PESONA LARAS DELI SERDANG

  • indriani indriani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nur'ain Harahap universitas tjut nyak dhien

Abstract

Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah variabel harga, fasilitas, dan lokasi memberikan pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih tipe rumah di perumahan Pesona Laras Deli Serdang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif dengan memakai sebanyak 99 konsumen di perumahan Pesona Laras Deli Serdang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang diberikan oleh variabel harga, fasilitas, dan lokasi, yang dinyatakan dari hasil regeresi berganda yaitu Y=1,088+0,192X1+0,473X2+0,289+e. Hasil uji t (uji parsial) variabel harga terhadap keputusan konsumen menunjukkan nilai thitung = 2,347>1,66, variabel fasilitas diperoleh nilai thitung= 5,045>1,66, dan variabel lokasi diperoleh nilai thitung=3,223>1,66, hal ini berarti secara parsial variabel harga, fasilitas, dan lokasi secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih tipe rumah di perumahan Pesona Laras Deli Serdang. Uji F menunjukkan hasil Fhitung >Ftabel (29,525>3,091) dengan tingkat probability (0,01<0,05). Koefisien determinasi (R2) didapatkan nilai sebesar 0,483, hasil ini menunjukkan bahwa harga, fasilitas, dan lokasi mampu meningkatkan keputusan konsumen dengan nilai R2 48,3%, dan 51,7% sebagai sisanya dijelaskan oleh variabel yang berada di luar penelitian.

Published
2022-10-04
How to Cite
indriani, indriani, & Harahap, N. (2022). PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMILIHAN TIPE RUMAH DI PERUMAHAN PESONA LARAS DELI SERDANG. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(2), 94-108. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i2.330