Dampak; Banjir; Perekonomian Mas Dampak dari Banjir Terhadap Ekonomi dan Aktivitas Masyarakat Kota Surabaya (studi kasus Kelurahan Ketintang, Kota Surabaya)

  • elyza ainur rosyidah universitas islam negeri surabaya

Abstract

Kelurahan Ketintang merupakan salah satu kecamatan yang sering terendam banjir setelah hujan deras. Banjir ini sering mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan dampak bencana banjir terhadap perekonomian masyarakat Kecamatan Ketintang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada saat dan setelah terjadinya banjir, serta wawancara dengan masyarakat yang terkena dampak banjir. Dampak banjir dari sudut pandang ekonomi dilihat dari kehancuran rumah dan peralatan mereka. Selain itu, banjir juga mengganggu kegiatan ekonomi masyarakat  karena  jalan utama dan jalan alternatif tergenang air. Banjir akibat luapan drainase saat hujan deras juga mengganggu akses  dan merendam kawasan pemukiman dan fasilitas ekonomi masyarakat  hanya dalam beberapa jam. Hasil dari penelitian ini adalah dampak banjir terhadap perekonomian masyarakat, menimbulkan kerusakan rumah warga, terhambatnya para pengusaha dan umkm dalam berjualan, kemacetan di jalan raya, sarana transportasi, dll manfaat umum seperti jalan rusak dan terhambatnya aktivitas masyarakat lainnya. Dampak ekonomi terbesar  hanya mengganggu kegiatan ekonomi untuk sementara waktu.

Published
2022-06-29
How to Cite
rosyidah, elyza. (2022). Dampak; Banjir; Perekonomian Mas Dampak dari Banjir Terhadap Ekonomi dan Aktivitas Masyarakat Kota Surabaya (studi kasus Kelurahan Ketintang, Kota Surabaya). JOURNAL ECONOMICS AND STRATEGY, 3(1), 93-102. https://doi.org/10.36490/jes.v2i2.304