PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUPUK KANDANG PADA PT. EMPAT SAUDARA JAYA KABUPATEN DELI SERDANG

  • andre fataya barus Universitas Muslim Nusantara
  • Nur’ain Harahap Universitas Muslim Nusantara
  • Mutawaqil Bilah Tumanggor Universitas Muslim Nusantara
Keywords: Harga, Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui Pengaruh Harga dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Kandang Pada PT. Empat Saudara Jaya Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini adalah konsumen PT. Empat Saudara Jaya Kabupaten Deli Serdang sebanyak 38 konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode slovin. Maka dari itu, Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji t dan uji f serta uji koefisien determinasi. Hasil pengujian secara parsial pengaruh Variabel Keputusan Pembelian (Y) terhadap Variabel Produk (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 3.210, nilai ttabei 2,024 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05. hasil pengujian secara parsial pengaruh Variabel Keputusan Pembelian (Y) terhadap Variabel Harga (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,462, nilai Wtabel 2,024 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,004 < 0,05. hasil uji F yang terlihat pada Tabel 9. tersebut diperoleh nilai Fhitung 5,349 < Ftabd 2,851, maka Ho ditolak karena Fhitung > Ftabel. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa secara simultan Variabel Produk (X1), dan Variabel Harga (X2), (variabel bebas) berpengaruh nyata terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y) (variabel terikat).

Published
2022-06-28
How to Cite
barus, andre, Harahap, N., & Tumanggor, M. (2022). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUPUK KANDANG PADA PT. EMPAT SAUDARA JAYA KABUPATEN DELI SERDANG. JOURNAL ECONOMICS AND STRATEGY, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.36490/jes.v2i2.293