PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUPUK KANDANG PADA PT. EMPAT SAUDARA JAYA KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui Pengaruh Harga dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Kandang Pada PT. Empat Saudara Jaya Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini adalah konsumen PT. Empat Saudara Jaya Kabupaten Deli Serdang sebanyak 38 konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode slovin. Maka dari itu, Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji t dan uji f serta uji koefisien determinasi. Hasil pengujian secara parsial pengaruh Variabel Keputusan Pembelian (Y) terhadap Variabel Produk (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 3.210, nilai ttabei 2,024 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05. hasil pengujian secara parsial pengaruh Variabel Keputusan Pembelian (Y) terhadap Variabel Harga (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,462, nilai Wtabel 2,024 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,004 < 0,05. hasil uji F yang terlihat pada Tabel 9. tersebut diperoleh nilai Fhitung 5,349 < Ftabd 2,851, maka Ho ditolak karena Fhitung > Ftabel. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa secara simultan Variabel Produk (X1), dan Variabel Harga (X2), (variabel bebas) berpengaruh nyata terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y) (variabel terikat).
Copyright (c) 2022 andre fataya barus, Nur’ain Harahap, Mutawaqil Bilah Tumanggor
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal Economic and Strategy (JES) is published under the terms of the Creative Commons Attribution-Share. According to license under a Commons Attribution Non-Commercial ShareAlike 4.0
Authors retain the copyright to their work. Users can freely read, print, copy, and distribute material/works in any form, media, or format, provided the author and Journal Economic and Strategy (JES)are properly credited or cited. Authors are permitted to also store the published article at other websites or database systems.
Authors are permitted to distribute the published article to colleagues, post it to open websites - non-commercial, reuse of portions or extracts from the articles in other works, and text & data mining. However, authors are not allowed to send their manuscript to other scientific journals once it has been decided to be reviewed by reviewers at Journal Economic and Strategy (JES.