Skripsi Unggul: Mengasah Keterampilan Dengan Strategi Jitu Dalam Penulisan Akademis

  • Dila Handayani Universitas Tjut Nyak Dhien
  • maimunah Ritonga Universitas Islam Labuhan Batu
  • Mirwansyah Putra Ritonga Universitas Imelda Medan
  • Amron Zarkasih Ritonga Universitas Islam Labuhan Batu
  • Yani Suryani Universitas Harapan Medan
  • Chinttya Winda Natalia Butar-butar Universitas Tjut Nyak dhien
Keywords: pembekalan, strategi, skripsi, mahasiswa

Abstract

Hingga saat ini, menyelesaikan tugas akhir (skripsi) tetap merupakan prasyarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelar sarjana, walaupun sekarang terdapat alternatif-alternatif lain yang bisa digunakan untuk memenuhi syarat kelulusan.. Secara umum, di Perguruan Tinggi (PT), menulis skripsi masih diwajibkan. Namun, bagi sebagian mahasiswa, menyelesaikan tugas akhir (skripsi) merupakan suatu kendala yang memunculkan tantangan, bahkan ada yang memilih untuk meninggalkan perkuliahan (drop-out) karena kesulitan yang dihadapi dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Maksud dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan panduan kepada mahasiswa agar mereka dapat memahami metode yang lebih sederhana dalam menulis skripsi atau karya ilmiah lainnya. Kegiatan ini diadakan dalam bentuk penyuluhan dan pendampingan, dan diikuti oleh lima puluh mahasiswa dari semester V dan semester VII yang berasal dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Tjut Nyak Dhien. Dari hasil kegiatan ini, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa telah dapat menguasai strategi penulisan skripsi dan karya ilmiah lainnya, serta merasa termotivasi untuk menyelesaikannya dengan semangat yang lebih besar.

 

 

References

Asmawan, 2016. Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26 No. 2
Fitria, T. N. (2022). Pelatihan Penulisan Proposal Ta Dan Skripsi Dengan Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif Untuk Mahasiswa D3 Dan S1. DIMASTEK (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(2), 10-18.
Hasanah, uswatun, Yudhira, A., Khaerany, R., Liza Lubis, I. S., Hajatina, H., Wahyudi, E., Waruwu, K., & Mukarramah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Karya Ilmiah Guna Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Pietas : Jurnal Pengabdian Abdimas, 1(1), 8–15. Diambil dari https://jurnal-pietas.com/index.php/jp/article/view/1
Heriyudananta, M. (2020). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47–55.
Indriyati, R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Metodologi Penelitian terhadap Karya Tulis Ilmiah Taruna Politeknik Bumi Akpelni. Jurnal Saintek Maritim, 21(2), 179–189.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, https://peraturan.bpk.go.id/ (2020).
Suandi, I. N. 2008. Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 41(1).
Sudaryanto. (2016). Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Susetyo, S., & Sarwono, S. (2020). PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN SKRIPSI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13565
Syahputra, J., & Rikki, A. (2020). Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam Menentukan Judul Skripsi. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 2(2), 111–119.
Ulia, N., KD, R. F., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32– 47.
Zulhijra, Z., Ermis Suryana, Maryamah, Nyimas Yunierti Prihatin, Angge Sapto Mubharokh, Kgs. Abdul Gamal, Ludiman, & Praja Nugraha. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dan Skripsi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 454-458. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/864
Zuriati, Diana, 2017, Kesulitan Menulis Proposal Penelitian oleh Mahasiswa STIBA Persada Bunda Pekanbaru, Jurnal Menara Ilmu, Vol. 11 No. 74
Published
2024-01-31
How to Cite
Handayani, D., Ritonga, maimunah, Ritonga, M., Ritonga, A., Suryani, Y., & Butar-butar, C. (2024). Skripsi Unggul: Mengasah Keterampilan Dengan Strategi Jitu Dalam Penulisan Akademis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 3(1), 75-83. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v3i1.952