Pelatihan Budidaya Hidroponik Sistem Wick di Kelompok Tani Purnama Sari Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara

  • Yunida Berliana
  • Irwan Agusnu Putra Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Triara Juniarsih Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Juli Mutiara Sihombing Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Karina Mia Berutu Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Ali Ramadhan Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Fadli Wibowo Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Selly Kajarina Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Runi Amalia Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Kiki Swandi Lase Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Pengabdian Masyarakat, Hidroponik, Sumbu

Abstract

Budidaya tanaman dengan cara Hidroponik merupakan sistem yang tidak memerlukan lahan yang luas.  Hidroponik system wick adalah salah satu hidroponik yang menjadi jalan penghubung antara larutan nutrisi dengan media tanam menggunakan sumbu.. Sumbu yang pada umumnya dipakai berupa tali, sumbu lilin, atau benang katun.  Hidroponik wick termasuk dalam kelompok penanaman pasif. Artinya, pergerakan atau perpindahan tidak terlalu banyak dibutuhkan, serta tidak memerlukan peralatan canggih seperti mesin atau pompa dalam penerapannya sehingga cukup sederhana,  Karena sifatnya sederhana, sistem hidroponik wick cocok untuk pemula yang ingin menerapkan di bidang perkebunan hidroponik. Kelebihan sistem ini juga dapat menghasilkan tanaman subur meskipun rendah perawatannya.  Kelompok  tani  Purnama Sari  berada tidak jauh dari perkotaan dan fokus didalam pengembangan tanaman Hortikultura dan tanaman pangan dengan luas olah lahan yang tidak terlalu luas, sehingga budidaya tanaman dengan hidroponik sistem wick merupakan salah satu pilihan untuk dapat menghasilkan tanaman yang lebih bersih dan sehat di keterbatasan lahan yang sempit.  Metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu metode pendampingan (mentoring) dan metode partisipatory rural approach (PRA). Hasil kegiatan ini sudah memberikan informasi dan pemahaman tentang hidroponik sistem wick sehingga anggota kelompok tani dapat menerapkannya.

References

Anastasya, A. 2022. Sistem Wick Pada Hidroponik. https://kebunpintar.id/blog/sistem-wick-pada-hidroponik/2023 Tanggal Acces (Selasa, 15 Agustus 2023).

Itsojt. 2023. Berdayakan Masyarakat, KKN ITS Beri Pelatihan Hidroponik. https://www.its.ac.id/news/2023/01/08/berdayakan-masyarakat-kkn-its-beri-pelatihan-hidroponik/ . Tanggal Acces (Selasa, 15 Agustus 2023).

Parashakti, RD, Didin HP, Nur Endah RW. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Hidroponik Bagi Masyarakat Tanjung Duren Utara Jakarta Barat. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 2. No. 2.
http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/10144

Ratnadewi, PK. 2022. Mengenal Sistem Hidoponik Wick. https://prakerjazenpro.id/system-hidroponik-wick Tanggal Acces (Selasa, 15 Agustus 2023).

Robinson, B. 2019. What Are Hydroponic Systems and How Do They Work ?.
https://www.freshwatersystems.com/blogs/blog/what-are-hydroponic-systems
Tanggal Acces (Selasa, 15 Agustus 2023).

Sakina, RDS. 2021. Mudah, Begini Cara Menanan Hidroponik dengan Sistem Wick. Kompas.com. https://www.kompas.com/homey/ Tanggal Acces (Selasa, 15 Agustus 2023).

Sukirno Dan Sidiq, F. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Hidroponik Sayuran Sederhana Gampong Paya Bujok Teungoh Langsa Barat. Global Science Society : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1. No. 2. Hal 117-123.

Wibowo, H. 2015. Panduan Terlengkap Hidroponik, Bertanam Tanpa Media Tanah.
Published
2023-08-16
How to Cite
Berliana, Y., Putra, I., Juniarsih, T., Sihombing, J., Berutu, K., Ramadhan, A., Wibowo, F., Kajarina, S., Amalia, R., & Lase, K. (2023). Pelatihan Budidaya Hidroponik Sistem Wick di Kelompok Tani Purnama Sari Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 2(2), 115-119. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v2i2.859

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>