CONTENT MARKETING BERBASIS SOCIAL MEDIA GUNA MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR DI ERA COVID-19 BAGI SISWA/SISWI SMA IT KHAIRUL IMAM

  • sari khalidya putri universitas tjut nyak dhien
  • Ahmad Nadhira Universitas Tjut Nyak Dhien
  • meutia indriana Universitas Tjut Nyak Dhien
  • salman salman Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Erfan Wahyudi Universitas Tjut Nyak Dhien
  • muzakir muzakir Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Content Marketing, Covid-19, Wirausaha, Pemasaran Digital, Media Sosial

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya peningkatan pengangguran pada berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, maka sikap kepemimpinan dan kemandirian harus ditanamkan sejak dini. Hal ini sesuai dengan sasaran pendidikan SMA IT Khairul Imam. Kepemimpinan dan kemandirian dapat dilatih melalui wirausaha dengan memasarkan produk penjualan melalui salah satu metode digital marketing, yaitu content marketing. Dimana content marketing terbukti efektif dan efisien sebagai metode pemasaran online terkini dan modern. Melalui edukasi dan pelatihan pembuatan content marketing berbasis social media, siswa/siswi SMA IT Khairul Imam berhasil menumbuhkan jiwa entrepreneur-nya dan ingin berwirausaha sedini mungkin.

References

Deakins, D.; Freel, M.S. 2009. Entrepreneurial activity, the economy and the importance of small firms. In Entrepreneurship and Small Firms; Deakins, D., Freel, M.S., Eds.; McGraw-Hill Higher Education: New York, NY, USA; p. 332.
Fadhilah., & Saputra, Galih Ginanjar. 2021. Analisis Content Marketing, E-Wom, dan Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial TIKTOK. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Fikri, Yudistia Teguh Ali., & Gopar, Ida Abdul. 2021. Analisis Peningkatan Angka Pengangguran Akibat Dampak Pandemi Covid 19 di Indonesia. Indonesian Journal of Business Analytics (IJBA), 1 (2): 107-116
Hruska, Jan., & Maresova, Petra. 2020. Use of Social Media Platforms among Adults in the United States – Behavior on Social Media. Societies, 10, 27. Doi:10.3390/soc10010027
Koob, C. 2021. Determinants of content marketing effectiveness: Conceptual framework and empirical findings from a managerial perspective. PLoS ONE 16(4): e0249457. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0249457
Zhang, Zhenping., Yan, Haiyan., & Qi, Jiayin. 2020. What Do Chinese Entrepreneurs Think About Entrepreneurship: A Case Study of Popular Essays on Zhisland. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6, 86. Doi:10.3390/joitmc6030086
Published
2022-07-01
How to Cite
putri, sari, Nadhira, A., indriana, meutia, salman, salman, Wahyudi, E., & muzakir, muzakir. (2022). CONTENT MARKETING BERBASIS SOCIAL MEDIA GUNA MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR DI ERA COVID-19 BAGI SISWA/SISWI SMA IT KHAIRUL IMAM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2), 53-59. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v1i2.288