PENYULUHAN KONSEP DAN STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN

  • syafii Murad Daulay universitas tjut nyak dhien
  • amirudin amirudin universitas tjut nyak dhien
  • fariza habibi akademi perniagaan dan perusahaan APIPSU
  • Ifkar Amir akademi perniagaan dan perusahaan APIPSU
  • Irwan Agusnu Putra universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Konsep dan Strategi manajemen pemasaran, Ketahanan pangan

Abstract

Dinas Pangan Aceh merupakan dinas pendukung ketahanan pangan Pemerintah Aceh yang kini lebih banyak berbenah secara kultural (dynamic culture). Sampai saat ini pembinaan Dinas Pangan Aceh terhadap stakeholders telah dilakukan dalam bentuk berbagai kegiatan untuk mendorong peningkatan ketahanan pangan dan menumbuhkan peran serta stakeholders dalam penataan manajemen dengan memberikan masukan terkait kebijakan pangan pemerintah Aceh. Namun usaha pemberian masukan dalam kebijakan pemerintaj Aceh baru muncul sebagai agregat baru yang perlu ditindaklanjuti untuk bisa tumbuh menjadi pohon besar dan bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan pembinaan lanjutan dalam bentuk model diskusi agar dapat menjaring sumberdaya manusia lebih banyak lagi. Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh akademisi dosen menyasar tujuan untuk memberikan masukan terhadap penyusunan kebijakan peningkatan ketahanan pangan Aceh berbasis penataan SDM/manajemen dan konsep dan strategi manajemen pemasaran. Metode yang digunakan  adalah dengan melaksanakan focus grup discussion (FGD), pendampingan, diseminasi, dan evaluasi, yang mengadopsi metode PALS (participatory action learning system). Program ini dirancang selama 3 bulan. Dengan rincian kegatan adalah; observasi awal, penyusunan informasi dan pelaksanaan pengabdian kepada msyarakat.Hasil pengabdian ini ditunjukkan dengan munculnya agregat baru dalam kebijakan pemerintah Aceh yang merupakan pendorong peningkatan ketahanan pangan di Dinas Pangan Aceh untuk ditindaklanjuti. 

References

Masnun, 2018, Strategi Implementasi Aceh Troe dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan di Aceh, Dinas Pangan Aceh, Banda Aceh.
Milfayetty, Sri, 2012, Integrasi Soft Skill dalam Perkuliahan, Bahan Workshop Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan.
Mulia, Amrin, 2016, Pengantar Manajemen, Buku Ajar Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area, Medan.
Prasetyo, Adi dan Setiadi Agus, 2004, Manajemen Agribisnis Peternakan (Pengantar Manajemen Agribisnis, Laboratorium Sosial Ekonomi Peternakan, Jurusan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Diponegoro, Semarang.
Ramli, Prof. Dr., 2018, Materi Field Trip Dinas Pangan Aceh dan FGD, Dinas Pangan Aceh, Banda Aceh.
Published
2022-07-01
How to Cite
Daulay, syafii, amirudin, amirudin, habibi, fariza, Amir, I., & Putra, I. (2022). PENYULUHAN KONSEP DAN STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2), 21-28. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v1i2.274

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>