Pendampingan Dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 Sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Pada SMK Pharmaca Medan

  • Ari Usman Universitas Harapan Medan
  • Nilsya Febrika Zebua universitas tjut nyak dhien
  • Vriezka Mierza universitas tjut nyak dhien
  • Ika Julianti Tambunan universitas tjut nyak dhien
  • Meutia Indriana Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: media pembelajaran, daring, covid-19

Abstract

Pada kegiatan belajar mengajar, media  pembelajaran yang ideal untuk diterapkan pada masa new normal ini adalah media Daring. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu Google Classroom dan Google meet. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan  oleh team dari Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Harapan medan berkolaborasi dengan Universitas Tjut Nyak Dhien. Metode yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan menggunakan aplikasi  Google Classroom dan Google Meet yang diharapkan dapat memaksimalkan belajar-mengajar sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selain mendapatkan pelatihan langsung para guru juga akan dibekali dengan panduan praktis dan sederhana berupa pedoman bagi guru SMK Pharmaca Medan untuk paham dan mengerti menggunakan aplikasi online tersebut.

References

Kurniawan, P. W., Zulianti, H., & Narulita, S. (2020). Pendampingan Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Meet Bagi Guru di SMA Adiguna Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 42-45.

Minar Trisnawati Tobing. (2021). Sosialisasi Metode Pembelajaran yang Ideal Pada New Normal Di SD Negeri 091316 Pematang Raya. E-amal : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.01, No. 03, 423-428

Muhammad Basri, M. B., Yusuf Perdana, Y. P., & Nur Indah Lestari, N. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring bagi Guru-Guru SMA di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 53-57.

Prihandini, P., Anisa, R., & Rustika, P. (2021). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat “Kuliah Daring Selama Pandemi”. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Su’uga, Hisyam Surya Dkk. 2020. Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3).

Sumardi, S., Fitria, H., & Ismail, I. (2021, April). Optimalisasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Published
2022-02-12
How to Cite
Usman, A., Zebua, N., Mierza, V., Tambunan, I., & Indriana, M. (2022). Pendampingan Dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid-19 Sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Pada SMK Pharmaca Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(1), 19-26. https://doi.org/10.36490/abdimasku.v1i1.232

Most read articles by the same author(s)