Sosialisasi Kesadaran Penggunaan Produk Halal Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Didesa Sigara Gara Patumbak Deli Serdang
Abstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian ini adalah memberikan pemahaman mengenai pentingnya sertifikat halal dan dampak negatif dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak halal, seperti hilangnya keberkahan dan munculnya sifat-sifat negatif seperti berbohong dan merusak. Karena itu, sosialisasi ini dianggap sangat penting untuk mencegah masyarakat Desa Sigara-Gara dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak halal. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini meliputi (1) Metode ceramah untuk meningkatkan kesadaran ibu-ibu rumah tangga mengenai penggunaan produk halal, dan (2) Metode diskusi untuk mendalami pemahaman dan sesi tanya jawab tentang produk-produk halal yang wajib digunakan sehari-hari. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan kesadaran ibu-ibu rumah tangga di Desa Sigara-Gara dalam menggunakan produk halal sehari-hari. Kesimpulannya, sosialisasi ini sangat penting dilakukan untuk mencegah masyarakat Desa Sigara-Gara dari terjerumus dalam kebathilan akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak halal.
References
Alserhan, BA, & Alserhan, ZA (2013). Buku Pegangan Produksi Makanan Halal. Pers CRC.
Data Pandas. (2023). Muslim Population by Country 2024. Retrieved from https://www.datapandas.org/ranking/muslim-population-by-country
Ferdinand, N., Al Farisi, M. S., Herawati, E., & Fauzan, M. (2024). Sosialisasi E-Commerce dalam Meningkatkan Penjualan Produk Halal UMKM Tegal Salam Cariu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 4(1), 43-49.
Hasanah, U. (2021). Analisis Peluang Dan Tantangan Industri Halal Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Indonesia. Journal Economics and Strategy, 2(1), 1-11.
Irwanto, I. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Pada Pelaku UMK Di Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak, Serang-Banten. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 65-77.
Khan, MA, & Chaudhry, MM (2018). Buku Pegangan Produksi dan Manajemen Makanan Halal. Pers CRC.
Mardiansyah, F. V., Wiliyanti, V., Gunawan, I., & Khoiriyah, S. (2024). SOSIALISASI PRODUK HALAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS UMKM DAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK SDN TANJUNG HARAPAN, MERBAU MATARAM, LAMPUNG SELATAN: PENDEKATAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI), 4(1), 70-79.
Marsiati, H., Roswiem, A. P., Septiani, T., & Suseno, D. (2022). Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Produk Halal Dan Thayyib. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(1), 30-37.
Mustapa, M. A., Suryadi, A. M. T. A., Paneo, M. A., & Taupik, M. (2024). Sosialisasi dan Edukasi Jaminan Produk Halal Di Lingkungan Desa Tamboo Kecamatan Bone Pantai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi: Pharmacare Society, 3(2), 54-61.
Muthohar, I., Silahudin, R., Hasanah, Q., Anggraeni, V., Wulandari, D., Hayyan, Y., ... & Puspahati, N. K. (2023). PENDAMPINGAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL BAGI PELAKU UMKM DI DESA REJOMULYO. ABDIANDAYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(02), 117-125.
Pardiansyah, E., & Abduh, M. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101-110.
Shahidan, MF, & Omar, M. (2019). Produksi Makanan Halal: Prinsip, Praktik, dan Tantangan.
Syafrida, S. 2016. Sertifikat Halal Pada Produk Makanan dan Minuman Memberi Perlindungan. Adil: Jurnal Hukum. 7(2):159-174.
Wikipedia. (2023). Islam in Indonesia. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Islam_in_Indonesia