Sosialisasi Dan Edukasi Qr Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Aplikasi Pembayaran Non Tunai Pada Generasi Milenial

  • Zainal Arifin Siregar Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Cindy Yolanda Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Chintya Winda Natalia Butarbutar Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Teuku Muhammad Iqbal Chaira Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Oki Prayogi Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Oppie Meisya Tanjung Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: QRIS, Non-Cash Payment Application, Millennial Generation

Abstract

kegiatan barter hingga transaksi secara digital, di Indonesia transaksi nontunai yang berbasis dgital selalu mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Bank Indonesia menerbitkan standar QR Code untuk pembayaran transaksi berbasis digital yaitu Quik Response Code Indoneian Standart (QRIS) yang merupakan uang elektonik dalam bentuk dompet  digital, server,  maupun  banking mobile.  Standardisasi QR  Qode  berfungsi untuk mempercepat proses transaksi keuangan serta mudah dan  aman  karena  transkasi  digital  diawasi  oleh regulator  dengan melalui  satu  pintu. Generasi milenial (mahasiswa) merupakan salah satu sasaran dari aplikasi QRIS yang mendominasi pada penggunaanya, sehingga program edukasi pada generasi milenial khususnya mahasiswa tentang QRIS sebagai alat transaksi  yang mana hasil yang akan diproleh adalah pemahaman serta perluasan penggunaan  QRIS sebagai alat transaksi nontunai di lingkungan Fakultas Bisnis dan Humaniora dan lingkungan sekitar serta diharapkan mahasiswa mampu menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan penggunaan aplikasi ini.

References

Ardana, S. G., Luqyana, A. S., Antono, I. A. L., Rahayu, R. P., Qonita, L., Zahra, S. A., & Alsyahdat, F. (2023). Efektifitas penggunaan QRIS bagi kalangan mahasiswa UNNES untuk transaksi pembayaran dalam rangka mendorong perkembangan ekonomi pada era digitalisasi. Jurnal Potensial, 2(2), 167-183.
Asofa, E. D., & Sholihah, D. D. (2024). Implementasi QRIS (QR Code Indonesian Standard) sebagai Media Pembayaran Elektronik bagi UMKM di Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 42-48.
Bank Indonesia. (2019). Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 Bank Indonesia: Menavigasi Sistem Pembayaran Nasional di Era Digital. Jakarta : Bank Indonesia
Bank Indonesia. (2020). Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah. Diakses pada 06 Juli 2024, dari https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx
Basmantra, I. N., & Liman, N. (2022). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Educational Activities Through Socialization to Increase Knowledge and Interest in Use by the Community in Dauh Puri Kaja Village. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2104-2107.
Eris Tri, Indah Zuhroh & Nazarudin. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Nontunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesia Standard (QRIS) pada Kelompok Milenial. Ejurnal UMM http://ejournal.umm.ac.id/index.php/skie
Onni Widjanarko, dkk. 2019. Majalah Bank Indonesia Bicara. Edisi 78 Tahun 2019
Rahadi, J., Agrecia, A., Valecia, V. G., & Nofirda, F. A. (2023). Pengaruh Penggunaan QRIS terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31088-31093.
Sari, I. P. (2024). Adoption of Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) through a Strategy to Increase the Financial Literacy of UMKM Players in the City of Solo. Indonesian Journal of Interdisciplinary Research in Science and Technology, 2(6), 931-942.
Sucipto, S., Indriati, R., Harini, D., Andriyanto, T., Nugroho, A., Pradhana, A. H., ... & Kurniawan, A. (2023). Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 98-108.
Published
2024-08-03
How to Cite
Siregar, Z., Yolanda, C., Natalia Butarbutar, C., Iqbal Chaira, T., Prayogi, O., & Tanjung, O. (2024). Sosialisasi Dan Edukasi Qr Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Aplikasi Pembayaran Non Tunai Pada Generasi Milenial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 3(2), 26-34. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v3i2.1256

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>