Menggali Potensi Pasar Dan Strategi Peningkatan Omset Bagi Pedagang Pasar Melati
Keywords:
Pasar Melati, potensi pasar, strategi peningkatan omset, barang bekas, pengabdian Masyarakat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi pasar dan merumuskan strategi peningkatan omset bagi pedagang di Pasar Melati, Medan. Pasar Melati dikenal sebagai pusat perdagangan barang bekas bermerek, yang menjadi tumpuan hidup banyak pedagang. Namun, pedagang menghadapi tantangan besar akibat pelarangan penjualan barang bekas yang diterapkan pemerintah. Metode pengabdian yang digunakan adalah penyuluhan langsung kepada pedagang tentang teknik peningkatan omset dan identifikasi potensi yang dapat dikembangkan. Tim pengabdian melakukan sesi penyuluhan dengan antusiasme tinggi dari pedagang, yang banyak mengungkapkan keluhan mereka terkait regulasi baru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pedagang memiliki semangat tinggi untuk beradaptasi dan meningkatkan penjualan mereka jika diberikan dukungan dan kebijakan yang memadai. Potensi pengembangan Pasar Melati terletak pada keberagaman barang yang dijual dan daya tariknya sebagai pusat barang bekas berkualitas. Namun, regulasi yang menghambat perlu diatasi untuk memastikan keberlanjutan ekonomi para pedagang. Penelitian ini menyarankan perlunya kebijakan yang lebih mendukung serta program pelatihan berkelanjutan untuk para pedagang agar dapat meningkatkan omset dan kesejahteraan mereka. Dengan demikian, Pasar Melati dapat terus menjadi pusat ekonomi yang vital bagi masyarakat Medan.
References
Qurrotaayun, B., Putri, M. L. E., Ferdiansyah, Y. P., & Wikansari, R. (2024). Dampak Pelarangan Impor Pakaian Bekas (Thrift) terhadap Pedagang di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1326-1337.
Grehenson, gusti. (2023). Pelarangan Impor Baju Bekas Harus Diikuti Peningkatan Kualitas Produk Lokal. https://ugm.ac.id/id/berita/23595-pelarangan-impor-baju-bekas-harus-diikuti-peningkatan-kualitas-produk-lokal/. Diakses tgl 28 juni 2024 pukul 20:01 WIB
Padillah, I. (2021). Dampak Penjualan Pakaian Bekas Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Sambu Kota Medan Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Tumangger, A. I. (2023). Strategi Adaptasi Pengusaha Thrifting Menghadapi Larangan Impor Pakaian Bekas. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 3076-3087.
Sinaga, Nikson.(2023). Larangan Pakaian Bekas: Pedagang Pakaian Bekas Impor di Sumut Sebut Tak Mudah Alih Usaha. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/03/22/ pedagang-pakaian-bekas-impor-di-sumut-sebut-tak-mudah-alih-usaha. Diakses tgl 28 juni 2024 pukul 20:14 WIB
Buana, B. S. (2023). Pemberdayaan Umkm Guna Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Digital Marketing. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 1-8.
Jamaludin, A., Widiarto, T., & Sutina, S. (2023). Penyuluhan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Pedagang Kuliner Di Rw 26 Rawalumbu Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(4), 119-123.
Puniawan, I. M. E., Joshua, J. W. N., & Kurniawati, N. S. E. (2018). Penyuluhan Dan Pendampingan Bidang Pemasaran Digital Bagi Jus Ibu Tutik. In Seminar Nasional Aplikasi Iptek (Sinaptek) (Vol. 1).
Qamariyah, N., & Ardiyanti, R. (2023). Penyuluhan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Di Desa Lembung Timur. Abdisuci: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47-51
Sagaf, M., Setiyowati, D., Kusumodestoni, R. H., & Hidayat, S. (2023). Pendampingan Umkm Jamur Tiram Crispy € Œroompy’ Dalam Upaya Peningkatan Penjualan. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 54-61.
Grehenson, gusti. (2023). Pelarangan Impor Baju Bekas Harus Diikuti Peningkatan Kualitas Produk Lokal. https://ugm.ac.id/id/berita/23595-pelarangan-impor-baju-bekas-harus-diikuti-peningkatan-kualitas-produk-lokal/. Diakses tgl 28 juni 2024 pukul 20:01 WIB
Padillah, I. (2021). Dampak Penjualan Pakaian Bekas Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Sambu Kota Medan Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Tumangger, A. I. (2023). Strategi Adaptasi Pengusaha Thrifting Menghadapi Larangan Impor Pakaian Bekas. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 3076-3087.
Sinaga, Nikson.(2023). Larangan Pakaian Bekas: Pedagang Pakaian Bekas Impor di Sumut Sebut Tak Mudah Alih Usaha. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/03/22/ pedagang-pakaian-bekas-impor-di-sumut-sebut-tak-mudah-alih-usaha. Diakses tgl 28 juni 2024 pukul 20:14 WIB
Buana, B. S. (2023). Pemberdayaan Umkm Guna Meningkatkan Omset Penjualan Dengan Digital Marketing. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 1-8.
Jamaludin, A., Widiarto, T., & Sutina, S. (2023). Penyuluhan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Pedagang Kuliner Di Rw 26 Rawalumbu Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 2(4), 119-123.
Puniawan, I. M. E., Joshua, J. W. N., & Kurniawati, N. S. E. (2018). Penyuluhan Dan Pendampingan Bidang Pemasaran Digital Bagi Jus Ibu Tutik. In Seminar Nasional Aplikasi Iptek (Sinaptek) (Vol. 1).
Qamariyah, N., & Ardiyanti, R. (2023). Penyuluhan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Di Desa Lembung Timur. Abdisuci: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47-51
Sagaf, M., Setiyowati, D., Kusumodestoni, R. H., & Hidayat, S. (2023). Pendampingan Umkm Jamur Tiram Crispy € Œroompy’ Dalam Upaya Peningkatan Penjualan. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 54-61.
Published
2024-07-29
How to Cite
Murad Daulay, M., Yudhira, A., Fatmasari, A., Yunita, M., Liza Lubis, I., & Nadhira, A. (2024). Menggali Potensi Pasar Dan Strategi Peningkatan Omset Bagi Pedagang Pasar Melati. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 3(2), 18-25. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v3i2.1240
Section
Articles