Sosialisasi Kenali Vitamin C Lebih Dekat

  • Siti Muliani Julianty Universitas Tjut Nyak Dhien
Keywords: Pengabdian, Sosialisasi, Sekolah, Vitamin C

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis dan intensitas sinar matahari yang tinggi. Sinar matahari dapat memberikan efek yang menguntungkan maupun merugikan terhadap tubuh manusia. Salah satu vitamin yang diperlukan untuk kesehatan tubuh adalah Vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan penghambat radikal bebas. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi dalam bentuk sosialisasi kepada siswa/I tentang pentingnya vitamin C untuk kesehatan. Kegiatan ini dilakukan di SMA Harapan 1 Medan, beralamat Jl. Imam Bonjol, Suka Damai, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara. Metode yang digunakan pada sosialisai adalah pemaparan materi dan tanya jawab dengan model tatap muka di kelas. Adapun materi sosialisasi yang disampaikan tentang kenali vitamin C lebih dekat agar siswa/I mengetahui manfaat vitamin C untuk kesehatan. Hasil kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa/I tentang penggunaan vitamin C. antusias siswa/I sangat membatu jalannnya kegiatan ini. Dapat disimpulkan bahwa peserta memahami materi yang dipaparkan. Hal ini terlihat dari tingkat pemahaman para peserta dalam sesi tanya jawab.

References

Balakhrisnan, K.. dan Narayanaswamyi, N. 2011. Botanicals as sunscreens: Their Role in the Prevention of Photoaging and Skin Cancer, International Journal of Research in Cosmetic Science Universal Research Publications; 1(1): 1–12.
Baumann, L dan Saghari, S. 2009. Photoaging. in: Baumann L, Saghari, S, Weisberg Cosmetic dermatology principles and practice. New York: Mc Graw - Hill; pp. 2-19, 298.
Hasanah, U. Penentuan Kadar Vitamin C Pada Mangga Kweni Dengan Menggunakan Metode Iodometri. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. 2018; 16(1): 90-96.
Lephart, E.D. 2016. Skin aging and oxidative stress: Equol’s anti-aging effects via biochemichal and molecular mechanisms. Ageing Research Reviews 31: Halaman 36-54.
Niaimi, A.F. dan Chiang, N.Y.Z. 2017. Topical Vitamin C and the Skin: Mechanisms of Action and Clinical Applications. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 10(7), 14–17.
Pakaya, D. 2014. Peranan Vitamin C pada Kulit. Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol.1 No. 2. Bagian Histologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.
Setyoningsih, H., Pratiwi, Y., Rahmawati, A., Wijaya, HM. dan Lina, RN. Penggunaan Vitamin Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Kesehatan. 2021; 4(2): 136-150.
Published
2024-01-31
How to Cite
Julianty, S. (2024). Sosialisasi Kenali Vitamin C Lebih Dekat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 3(1), 84-89. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v3i1.1000